Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dana Kartu Sahabat Tahap V Cair, Tak Segera Diambil Bantuan Hangus

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

18 - Nov - 2020, 17:17

Bila sampai tanggal 4 Desember 2020 uang tidak diambil, maka dana akan dikembalikan menjadi kas negara. (Foto: Bams Setioko/JatimTIMES)
Bila sampai tanggal 4 Desember 2020 uang tidak diambil, maka dana akan dikembalikan menjadi kas negara. (Foto: Bams Setioko/JatimTIMES)

Pencairan kartu Sahabat tahap ke-V sudah dimulai pada hari Senin (16 /11/2020) hingga terakhir tanggal 4 Desember 2020. Sejumlah 25.760 penerima mendapatkan bantuan masing-masing Rp 200.000. 

Pencairan dana ini dilakukan di Bank Jatim mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Baca Juga : Cegah Stunting, Disnakan Pemkab Blitar Sosialisasi Inovasi Ikan Lele Keluarga

“Bila sampai tanggal 4 Desember 2020 uang tidak diambil, maka dana akan dikembalikan menjadi kas negara,” kata Triyono Kutut Kepala Dinas Sosial Kota Kediri.

Menurut Kutut, jumlah penerima pada tahap ke-5 ini mengalami perubahan. Pada tahap IV, penerima sejumlah 25.794 KK. Selain mendapatkan uang tunai,  warga juga mendapat pembagian bansos berupa beras sejumlah 10 Kg per KK sudah dilaksanakan.

Kartu Sahabat (Santunan Bencana Tunai) merupakan Program Pemkot Kediri melalui Dinas Sosial untuk memastikan semua warga yang terkena dampak Covid-19 mendapatkan bantuan. 

Bantuan diberikan selama 4 bulan terakhir sejak pandemi Covid-19. Setiap tahap, jumlahnya berbeda-beda sebab pembaruan data penerima dilakukan secara bertahap.

Bantuan ini dirasakan manfaatnya oleh segenap warga Kota Kediri yang terdampak Covid-19. Misalnya, Sutikno (48 tahun), warga Kecamatan Kota merasa sangat terbantu dengan pemberian beras dan uang tunai ini. Sejak Covid-19, kedai kopi miliknya sepi pembeli. Bahkan untuk makan keseharian pun sangat susah.

Baca Juga : Evaluasi Kekurangan, PT Pos Indonesia Siap Salurkan BST Tahap 8 dan 9

“Ada beras, juga ada uang, lumayan. Uangnya saya gunakan untuk tambahan beli gula, biar muter lagi. Kalau langsung buat makan, habis,” kata Sutikno.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang menginisiasi program Kartu Sahabat ini ingin memastikan bahwa semua warganya mendapatkan bantuan. Kartu Sahabat merupakan upaya Pemkot Kediri untuk memberi bantuan warga yang terdampak tapi belum terdaftar di bantuan lain yang sudah ada, misalnya PKH.

 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana