Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

Kejadian hilangnya ibu dan anak yang menghebohkan warga Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung masih misterius. Hingga kini, Ike Liana Wati dan anaknya yang masih berusia 3 bulan belum ditemukan. 

Namun, dari keterangan suaminya, Taslim mengungkapkan istrinya mengalami kondisi kurang sehat setelah terkena serangan stroke.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Puskesmas Rampal Celaket Fasilitasi USG Gratis bagi Ibu Hamil

Bahkan, dikatakannya jika Ike sering salah paham dan sulit diajak komunikasi baik-baik.

"Anaknya saya suruh ibu saya buat dirawat, tapi mikirnya istri saya katanya ibu saya pingin menguasai anak-anaknya," jelasnya.

Kondisi sensitif pasca melahirkan ini identik dengan baby blues atau gangguan suasana hati yang dialami oleh ibu setelah melahirkan.

Kondisi ini menyebabkan ibu mudah sedih, lelah, lekas marah, menangis tanpa alasan yang jelas, mudah gelisah, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Namun, menurut Dra Triswati Sasmito. SST, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Timur yang masih merangkap Ketua IBI Cabang Tulungagung, kondisi yang dialami Ike bukan termasuk baby blues.

"Jadi kalau menurut saya itu bukan (baby blues). Baby blues sangat spesifik gejala dan penyebabnya," kata Bunda Triswati, sapaan akrabnya, Senin (16/11/2020).

Lanjutnya, baby blues sangat bergantung dari  masalah yang dialami atas keadaan yang sangat berbeda antara  saat sebelum hamil dan setelah melahirkan.

"Biasanya karena belum bisa menerima situasi yang memang benar-benar beda baik sebagai tanggung jawab seorang ibu dengan kebebasan sebelumnya," ungkap Triswati. 

Baby blues menurut Triswati sering dialami pada kondisi anak pertama dan terjadi saat setelah melahirkan.

Baca Juga : Tekan Stunting, Vitamin Tablet ZE untuk Remaja Putri Kota Batu Siap Didistribusikan

"Ada rasa lelah, capek, terbelenggu waktu dan lain-lain sampai ke depresi," jelasnya.

Cara mengatasi baby blues menurutnya, satu di antaranya adalah pendekatan oleh suami dan keluarga untuk pelan-pelan bisa menerima kenyataan.

Kasus ini menjadi perbincangan dan masih misterius setelah Ike Liana Wati (40) warga desa Bono RT 4 RW 4 Kecamatan Boyolangu meninggalkan rumah tak pamit sejak Kamis, (12/11 /2020) lalu.

Ike pergi saat Taslim aktivitas dibelakang rumah untuk membersihkan kadang sapi. Saat siap-siap berangkat kerja, Ike sudah tak berada di rumah dan ada tetangga yang mengetahui ia bersama anaknya naik mobil.

Selain telah berusaha mencari ke sanak saudara dan teman-temannya, Taslim juga melaporkan kejadian ini ke kepala desa untuk dilanjutkan ke pihak berwajib.

Meski Akun Facebook milik Ike sempat terlihat aktif, hingga kini ibu dan anak itu belum diketahui keberadaannya.