Thropy penghargaan dan 5 siswi tim tari Dedeg Ajeg SMPN 3 Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Thropy penghargaan dan 5 siswi tim tari Dedeg Ajeg SMPN 3 Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Di tengah pandemi Covid-19, kreativitas tak boleh terhenti. Demikian juga yang terjadi pada kelompok tari dari SMP Negeri 3 Tulungagung ini yang berhasil menyabet juara nasional tarian tradisional.

Terdiri dari lima siswi cantik, tarian Dedeg Ajeg yang dibawakan berhasil menjadi penyaji terbaik pertama di tingkat SMP se Indonesia yang diselenggarakan oleh Kelompok Kegiatan Mahasiswa (KKM) Tari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Baca Juga : Percepatan Kepemilikan KIA, Dispendukcapil Kabupaten Blitar Gandeng Disdik dan Kemenag

"Kami bangga karena anak-anak berhasil menjuarai tari tingkat nasional, tentu akan menjadi pemacu semangat dalam meraih prestasi lain di sekolah kami," kata kepala sekolah SMP Negeri 3 Tulungagung, Heni Hendarto M.Pd, Senin (09/11/2020).

Lanjutnya, jika biasanya lomba seperti ini dilaksanakan secara langsung, kali ini pelaksanaannya berbeda dikarenakan wabah Covid019 yang sedang melanda sehingga pelaksanaan dengan cara Virtual.

"Sanggar tari sekolah menampilkan tarian dengan cerita dolanan Gobak Sodor, di tarian itu anak-anak bercerita dengan irama musik tradisional bagaimana asyiknya bermain Gobak Sodor yang sudah mulai jarang dikenali generasi sekarang," ujarnya.

Jika disaksikan dari chanel YouTube https://youtu.be/ipWdvZbA-Dk koreografi tari begitu lincah, lima anak mengemas apik dengan support rumah lawas.

Tarian ini di kemas secara apik oleh Penata Tari dan busana kebanggaan Asri Kusumaning Ratri dan penata musik Toti Wahyu Bathara.

“Atas prestasi yang diraih ini, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, mulai dari proses latihan hingga pada saat pengambila video untuk diikutsertakannya," ungkap Heni.

Baca Juga : Meneguhkan Semangat 11 Tahun TKSK Kabupaten Tulungagung, Begini Kegiatannya

Pretasi ini adalah buah dari proses yang terus menerus, tak kenal lelah yang dilakukan oleh semua tim yang terlibat.

Lima anak yang menarikan Dedek Ajeg ini diantaranya, Nidia Salsabila, Salsabila Khalishah, Putri Damaiyanti, Dhian Sebastian Imargas dan Bunga Amelina Putri.

Tarian Dedeg Ajeg dari SMPN 3 Tulungagung ini mengalahkan sejumlah peserta lain dengan nilai 1048. Kemudian SMPN 22 Surabaya dengan nilai 1017 dan penyaji ke 3 yakni SMP Labschoool Cibubur dengan nilai 1007. Sementara itu, peserta lain lain dari SMP seluruh penjuru negeri menempati ranking di bawahnya.