Pantai Lumbung di Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Pantai Lumbung di Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Pantai Lumbung. Demikian destinasi wisata di Tulungagung selatan ini disebut. 

Disebut demikian karena pantai ini memiliki bentukan batu besar di tengah pantai yang warga sekitar menyebut sebagai watu lumbung (batu raksasa).

Baca Juga : Keelokan Banyu Mulok Tulungagung Jarang Terjamah, Layak Dikunjungi Traveller

Pantai ini terletak di Desa/Kecamatan Pucanglaban atau satu jam perjalanan dari pusat Kota Tulungagung ke arah tenggara. "Pantai ini di barat Pantai Pacar. Akses jalan masih cukup sulit," kata Aan Maghfiroh, tokoh pemuda setempat, Minggu (08/11/2020).

Memang pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Molang, Pantai Pacar, Pantai Pucang Sawit, dan Kedung Tumpang. "Akses jalannya hanya bisa di lalui kendaraan motor saja karena ada bekas kendaraan truk di sana," lanjutnya.

Untuk masuk ke kawasan ini pada hari libur, biasanya akan ada pintu masuk dan harus membayar tiket Rp 5.000 per orang. Ukuran harga yang cukup murah untuk berlibur di kawasan wisata pada umumnya. 

Dari pos pintu masuk ini akan banyak penanda arah ke arah pantai-pantai tersebut. Nah, jika kamu bingung memutuskan untuk ke pantai mana, penjaga pos di sini sangat ramah memberikan informasi mengenai pantai-pantai di kawasan ini.

Baca Juga : Panorama Watu Payung di Tulungagung, Bak Lukisan dari Serpihan Surga

Ombak Pantai Lumbung yang besar berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. "Jika banjir rob, batu besar di pantai ini akan mirip pulau kecil di tengah laut," tambahnya.

Meskipun indah, pantai ini masih ekstrem dikunjungi karena beberapa jalan masih cukup curam. Namun, jika telah sampai  di pantai ini, rasanya malas pulang karena takjub dengan keindahannya.