Pesona Banyu Mulok dari atas bukit / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Pesona Banyu Mulok dari atas bukit / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Banyak wisata pantai yang sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Namun siapa sangka, ada keindahan yang bisa dibilang spektakuler dan belum banyak diketahui orang itu terletak di salah satu sisi ujung selatan Tulungagung. 

Adalah tebing Banyu Mulok sebuah pesona keindahan wisata alam di Indonesia yang menawan dan punya ciri sendiri. "Indah dan menawan, bisa melihat banyak pantai dari sini lalu laut lepas dan raungan air di bawah bebatuan," kata Ahmad Soim, jurnalis media online saat bersama pewarta Jatimtimes.com datang ke sana, Sabtu (07/11/2020). 

Baca Juga : Panorama Watu Payung di Tulungagung, Bak Lukisan dari Serpihan Surga

 

Letak tebing Banyu Mulok sendiri berdekatan dengan Pantai Coro dan hanya sekitar 2 km dari Retjo Sewu Wisata Popoh Tulungagung. "Jalan naik dari pantai Coro ke Tebing yang masih alami membuat Banyu Mulok memiliki nuansa yang sangat indah," jelas Soim.

Dari pantai Coro, hanya menaiki bukit dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan kendaraan motor saat jalanan kering. Namun jika basah akibat hujan, menjangkau tempat ini dengan kendaraan akan cukup kesulitan.  

"Di tempat ini jarang sekali pepohonan, karena tempatnya yang berbentuk padang rumput dan batu karang yang berada di pinggir pantai. Keindahan tebing yang dihempas deburan ombak dan bahkan bisa terlihat biasan cahaya yang menyerupai pelangi akibat air yang menjulang ke angkasa membuat situasi sungguh tak ada duanya," ujarnya.

Disarankan bagi pengunjung untuk waspada, saking indah dan menarik tantangan untuk lebih dekat ke bibir pantai begitu menggoda. "Licin, karena selalu terkena air laut yang menjulang lalu menyiram karang dan tebing ini. Jadi harus hati-hati apalagi tidak ada pengaman disini," tuturnya.

Baca Juga : Libur Panjang, 500 Ribu Orang Berwisata di Kabupaten Malang

 

Sayangnya jalan menuju ke pantai Coro belum semuanya dikeraskan baik dengan cor atau aspal. Bagi Traveller, Banyu Mulok adalah tempat wajib yang harus dikunjungi untuk melengkapi koleksi keindahan untuk diabadikan dalam jepretan kamera.