Ingin Menjadi Tetangga Rasulullah SAW di Surga? Ini Amalan yang Wajib Dilakukan | Tulungagung TIMES

Ingin Menjadi Tetangga Rasulullah SAW di Surga? Ini Amalan yang Wajib Dilakukan

Nov 05, 2020 07:53
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Menjadi tetangga dan berdekatan dengan Rasulullah SAW di surga tentu menjadi keinginan bagi setiap muslim di seluruh dunia. Caranya tentu dengan mengerjakan semua amalan yang telah ditetapkan dan disampaikan oleh Rasulullah SAW. Lantas amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai surga bersama Rasulullah SAW?

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah dalam channel YouTube Lentera Islam menyampaikan, pernah seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai amalan yang bisa menempatkan dirinya di sisi Rasulullah SAW ketika di surga.

Maka Rasulullah bertanya, “Adakah permintaan yang lain?”

"Tidak ada ya Rasulullah SAW," jawab sahabat tersebut.

Rasulullah SAW kemudian mengulangi pertanyaannya hingga tiga kali dan sahabat itu pun menyampaikan jawaban yang sama dan tidak ada yang lain yang diinginkan kecuali keinginan berada di surga yang sama dengan Rasulullah SAW. Karena sahabat tersebut mengetahui jika kedudukan Rasulullah SAW sangat tinggi.

Maka Rasulullah menjawab, “Tolong dan bantulah saya untuk perbanyak sujud, jaga salatmu dan perbanyak sujudmu untuk dikabulkan doamu.”

Itu merupakan amalan utama yang bisa dijadikan sebagai bekal bagi setiap muslim di dunia untuk mencapai surga yang sama dengan Rasulullah SAW. Maka kerjakan semua yang diwajibkan dan disunnahkan Rasulullah SAW.

"Semakin banyak amalan yang dilakukan, maka semakin besar kemungkinan seorang muslim didekatkan dengan Rasulullah SAW," terang Ustaz Khalid.

Baca Juga : Amalan untuk Tenangkan Hati, Ini Ajaran Rasulullah SAW Bagi Umat yang Sedang Resah

Sementara itu, dalam berbagai riwayat juga dijelaskan jika Rasulullah SAW telah menyampaikan jika ada 10 sahabat utama yang telah dijanjikan surga oleh Allah SWT. Dadi ke 10 sahabat tersebut, empat di antaranya memiliki kedudukan yang lebih tinggi dan telah dipilih sebagai Khulafaur Rasyidin.

Khulafaur Rasyidin memiliki kedudukan lebih afdhal karena Rasulullah SAW telah menyusun ke empat orang tersebut dan dilanjutkan enam sahabat lain. Rasulullah SAW mengatakan, “Berpeganglah pada sunnahku dan Sunnah Khulafaur Rasyidin setelah aku.”

Ke empat sahabat sekaligus Khulafaur Rasyidin tersebut adalah Abu Bakar As-Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib yang terpilih secara berurutan sebagai Khalifah. 

Sejak Rasulullah SAW masih ada, kedudukan itu sudah ada dan Rasulullah SAW tidak pernah menegur atas julukan yang diberikan terhadap keutamaan yang diberikan kepada ke empat sahabat tersebut. Di mana itu artinya, ke empat sahabat tersebut memang memiliki banyak keistimewaan dan kemuliaan di hadapan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Topik
Kisah Rasulullah SAW

Berita Lainnya