Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Kopwan Kota Kediri Punya 6 Ribu Anggota, Dinkop Fasilitasi Uji Kompetensi Gratis

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

03 - Nov - 2020, 15:25

Sejumlah 50 orang pengurus dari 50 koperasi mengikuti Diklat SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional indonesia) selama 5 hari, bertempat di kantor Dinkop UMTK Kota Kediri. (Foto: Ist)
Sejumlah 50 orang pengurus dari 50 koperasi mengikuti Diklat SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional indonesia) selama 5 hari, bertempat di kantor Dinkop UMTK Kota Kediri. (Foto: Ist)

Pertumbuhan anggota koperasi wanita di Kota Kediri cukup menggembirakan. Hingga saat ini, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (UMTK) Kota Kediri mencatat, ada sekitar  6 ribu-an anggota aktif koperasi wanita (kopwan) di 3 kecamatan. 

Mereka tergabung di 60 unit Kopwan dan 16 unit koperasi syariah. Di mana, sebagian besar unit usahanya sebagai koperasi simpan pinjam.

Baca Juga : Lima Tahun Susu Sapi Dusun Brau Rambah Bali

“Untuk meningkatkan pengelolaan koperasi, maka kami memfasilitasi uji kompetensi gratis untuk para pengurus. Selain untuk melengkapi syarat berdirinya koperasi, juga kami berharap diklat ini bisa lebih mengembangkan pengelolaan koperasi,” kata Bagus Alit Plt Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri, Selasa (3/11/2020). 

Bagus melanjutkan, salah satu syarat berdirinya koperasi yaitu harus ada pengurus yang sudah memiliki sertifikat kompetensi. Hal inilah yang membuat pihaknya menggelar kegiatan bagi para pengurus koperasi untuk memiliki sertifikat kompetensi.

50 orang pengurus dari 50 koperasi mengikuti Diklat SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional indonesia) selama 5 hari. Bertempat di kantor Dinkop UMTK Kota Kediri, dibagi menjadi 2 angkatan. 

Angkatan I sejumlah 25 orang dari Koperasi karyawan, koperasi TNI/Polri, KSP, dan KSU pada tanggal 26-28 Oktober 2020. Sera Angkatan II khusus Kopwan dengan jumlah peserta 25 orang tanggal 2-4 Nopember 2020. 

Pembagian angkatan ini, ucap Bagus, untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Seluruh acara diklat tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Lima hari tersebut, 3 hari berupa materi dan 2 hari ujian untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Saat ini kita hanya melaksanakan diklatnya dulu, untuk ujian direncanakan tahun 2021,” tandasnya.

Baca Juga : Tak Hanya Tahu, Kediri Juga Dikenal Punya Ikan Koi Unggulan

Terkait Kopwan di Kota Kediri yang didominasidi simpan pinjamseagai unit usahanya, didasarkan pada kebutuhan anggota. Para anggota Kopwan merasa sangat terbantu dengan adanya koperasi ini. Sebab selain mendapat pinjaman ketika membutuhkan uang, keuntungan dari koperasi akan kembali pada anggotanya.

“Kebanyakan anggota kami ibu-ibu yang punya usaha. Mereka kadang butuh modal untuk mengembangkan usahanya. Koperasi hadir untuk itu," ucap Sri Utami, Sekretaris Kopwan Puspita Kencana Banjaran

Sri juga mengungkapkan, keikutsertaannya daam pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengurus koperasi. "Agar jadi lebih baik,” ujarnya.

Pada saat diklat, peserta terlihat antusias mengikuti materi. Meski materinya terbilang cukup banyak. Hal ini didasarkan pada motivasi peserta untuk mengembangkan koperasinya ke depan. 


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana