Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Tertular dari Pasien Tak Jujur, Nakes di Pukesmas Talun Dilaporkan Positif Covid-19

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

02 - Nov - 2020, 14:56

Ilustrasi
Ilustrasi

Seorang tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas Talun, Kabupaten Blitar, dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. 

Nakes tersebut tertular dari seorang pasien yang berobat ke Puskesmas Talun. 

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Blitar: Bertahan di Zona Kuning

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, mengungkapkan, pasien tersebut mengalami gejala sakit yang mengarah ke Covid-19. Pasien tersebut adalah seorang pria warga Kecamatan Talun. 

Saat berobat ke Puskesmas Talun, pasien memberikan keterangan yang tidak jujur. Saat di screening soal riwayat perjalanan dan sebagainya layaknya penanganan pasien di masa pandemi, pasien memberikan keterangan tidak jujur jika baru kembali dari luar kota. 

Sebelumnya pasien juga sudah melakukan tes PCR di sebuah rumah sakit swasta di luar kota. Dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. Namun setelah dinyatakan positif, dia justru melakukan perjalanan pulang ke Kabupaten Blitar.

“Kami belum memperoleh informasi, apakah yang bersangkutan ini awalnya OTG dan telah selesai masa isolasinya atau bagaimana. Yang juga masih jadi pertanyaan, bagaimana dia bisa lolos dan pulang ke Blitar. Saat kami cek, namanya memang masuk pasien positif,” ungkap Krisna Yekti, Senin (2/11/2020). 

"Ini masih jadi pertanyaan bagaimana bisa lolos pulang ke Blitar karena saat kami cek namanya memang pasien ini pasien positif," imbuhnya.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar kemudian melakukan tes swab kepada 8 Nakes Puskesmas Talun yang sempat kontak erat. Hasilnya ada da5tu Nakes positif.

Baca Juga : Angka Konfirmasi Positif dan Kematian Covid-19 Kota Batu Terus Naik, Tak Kunjung Melandai

“Nakes yang positif ini saat ini dikarantina di rumah karantina Pemkab Blitar di LEC Garum. Dia masuk pasien positif tanpa gejala,” terangnya. 

"Yang positif ini tanpa gejala, saat ini melakukan karantina di rumah karantina Pemkab Blitar di LEC Garum," imbuhnya.

Satgas Penanganan Covid-19 kemudian melakukan sterilisasi dan general cleaning di Puskesmas Talun. Kondisi ini mengharuskan pelayanan Puskesmas Talun ditutup selama 5 hari. Puskesmas Talun baru akan membuka kembali layanannya pada Kamis 11 November mendatang. 

“Tak hanya sterilisasi, seluruh Nakes dan pegawai di Puskesmas Talun akan kami tes swab. Totalnya ada 49 orang,” pungkasnya. 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana