Gantang Burung dI Tulungagung, Wajib Protokol Kesehatan | Tulungagung TIMES

Gantang Burung dI Tulungagung, Wajib Protokol Kesehatan

Oct 25, 2020 18:00
salah satu peserta lomba burung puter diperiksa suhu tubuhnya sebelaum masuk arena (Joko Pramono/ JatimTIMES)
salah satu peserta lomba burung puter diperiksa suhu tubuhnya sebelaum masuk arena (Joko Pramono/ JatimTIMES)

Memperingati HUT ke- 75 TNI, Kodim Tulungagung bersama P4SI (Perkumpulan Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia), menyelenggarakan lomba kicau burung puter. Burung puter sendiri merupakan burung asli Indonesia, terutama di pulau Jawa.

Lomba kicau burung puter ini diikuti oleh peserta dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lantaran diikuti oleh banyak orang, lomba ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga : Tampil Natural Lebih Diminati Pengantin di Masa Pandemi

Ketua P4SI Kabupaten Tulungagung sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Bambang Ermawan menjelaskan, lomba burung Puter ini diharapkan bisa menggeliatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemic covid-19.

“Ditengah pandemic covid-19 ini masyarakat menggeleiat untuk meningkatkan perekonomian. Disana ada pembudidaya, pembuat sangkar, sehingga menumbuhkembangakan UMKM kita,” kata Bambang.

Di Tulungagung sendiri sudah ada sekitar 200 an anggota P4SI. Dengan animo yang cukup tinggi dari masyarakat, diharapkan burung puter bisa menjadi salah satu bisnis potensial di tengah pandemic.

Bambang mengatakan, geliat puter pelung di Tulungagung sedikit terlamabt dibandingkan wilayah sekitarnya. Namun dirinya optimis, Tulungagung bisa menyusul wilayah lainya.

“Tapi dengan kebaruanya bisa mengejar ketertinggalanya, sehingga bisa sejajar dengan daerah lainya,” pungkasnya.

Sementara itu Dandim Tulungagung melalui Pasandi Kodim Tulungagung, Letda Wawan Handaru menuturkan, selain lomba burung kicau puter, dalam acara ini dilakukan pula bakti sosial kepada anak yatim piatu.

“Pada masa pandemic ini kegiatan kita fokuskan pada bakti sosial,” ujarnya.

Baca Juga : Kepo Para Mami Gaul di Tulungagung Terkait Situs Live Online Shop di Medsos

Lantaran mengundang banyak peserta dari wilayah lain di Jatim dan Jateng, pihaknya menerapakn protokol kesehatan yang ketat. 

Sebelum memasuki arena lomba, peserta diukur suhu badanya, memakai masker dan mencuci tangan. Selain itu, peserta dan penonton wajib menjaga jarak.

“Karena ini musim pandemic, pelaksanaanya tetap dengan protkol kesehatan,” pungkasnya.

 

Topik
HUT ke 75 TNI gantang burung lomba burung berkicau

Berita Lainnya