Foto Terduga Pelaku Penipuan di Tulungagung Viral, Polisi Tunggu Laporan Korban | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Foto Terduga Pelaku Penipuan di Tulungagung Viral, Polisi Tunggu Laporan Korban

Oct 24, 2020 19:24
Foto terduga pelaku yang viral di media sosial. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Foto terduga pelaku yang viral di media sosial. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Makin banyaknya postingan keresahan warga akibat ulah orang misterius yang melakukan serangkaian penipuan di Tulungagung ditanggapi polisi. Kapolsek Ngantru AKP Puji Widodo mengatakan, jika memang ada warga yang telah menjadi korban penipuan seperti yang viral, diharapkan untuk membuat laporan.

"Di sarankan lapor ke polsek, biar tidak timbul keresahan warga," ujarnya, Sabtu (24/10/2020).

Baca Juga : Kedapatan Simpan Sabu, Pria di Tulungagung Ditangkap Polisi

Polisi akan menindak terduga pelaku yang fotonya telah menyebar di media sosial jika ada korban melapor. Jika tidak, polisi tidak punya dasar untuk memanggil atau menangkap terduga pelaku tersebut.

Dikatakan Widodo, jangan sampai kejahatan yang diduga korbannya banyak orang itu justru dibiarkan dan hanya menjadi hoax. "Bisa jadi hanya hoax (informasi bohong)," ucapnya.

Untuk membuat laporan, menurut kapolsek, tidak harus menunggu beberapa korban. Namun, bisa dilakukan sendiri agar polisi bisa cepat bergerak mencari pelaku dan menangkapnya. "Tidak perlu (banyak korban) kalau sudah memenuhi unsur kejahatan," ujar Widodo.

Seperti diketahui, salah satu korban penipuan adalah warga di wilayah Kecamatan Ngantru. Saat itu, pria misterius itu datang menawarkan telur lalu membawa lari uang. Rupanya, bukan satu dua orang yang mengalami kejadian serupa. Ternyata banyak yang mengaku juga telah menjadi korban.

Akun Laila Laila atau berinitial NK (36),  warga Dusun Darungan, Desa Kepuhrejo, Kecamatan Ngantru, memberikan foto yang menyebar di Facebook dan membenarkan bahwa orang yang ada di postingan adalah orang yang telah menipu dirinya.

"Memang yang menipu adalah orang dalam foto itu. Bukti cctv ya ada," kata Laila, Jumat (23/10/2020).

Kemudian dirinya memberikan informasi bahwa pria yang ada di dalam foto itu beralamat di Blitar atau tepatnya di salah satu desa di Kecamatan Garum.

Baca Juga : Terekam CCTV, Remaja di Jombang Curi Motor Vixion dan Uang Rp 1,5 Juta

Laila sendiri hingga saat ini tidak melapor ke polisi. Alasannya, selain uang yang ditiipu hanya 700 ribu, dirinya tidak banyak waktu jika harus mengurus masalahnya ke proses hukum. "Banyak korban lain. Saya harap ada yang laporan," ungkapnya.

Saat itu, Laila didatangi pria dengan masker dan sepeda motor tanpa pelat nomor. Saat datang, pria itu menawarkan telur agar dibeli oleh Laila.

Di tengah perbincangan itu, pria tak dikenal ini tiba-tiba meminta uang dahulu dengan alasan sangat dibutuhkan untuk menambah kekurangan pembelian kambing buat selamatan keluarganya di rumah.

Begitu uang diberikan, ternyata pria ini langsung menaiki sepeda motor dan melarikan diri begitu saja. Beruntung Laila berhasil mengambil gambar dengan ponsel, lalu memviralkannya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
di Tulungagung Kasus Penipuan

Berita Lainnya