Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Digelar Tiga Kali, Debat Paslon Blitar Berlangsung Tanpa Pendukung

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

20 - Oct - 2020, 19:27

Dua paslon Pilbup Blitar, Rijanto dan Mak Rini
Dua paslon Pilbup Blitar, Rijanto dan Mak Rini

Masa kampanye Pilkada Kabupaten Blitar berlangsung mulai 26 September hingga 5 Desember 2020. Dalam kurun waktu tersebut, akan digelar debat terbuka antara pasangan calon (paslon) kandidat, sebagaimana yang lazim digelar pada pemilu-pemilu sebelumnya. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, telah menetapkan jadwal dan waktu pelaksanaan debat calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Ada tiga kali debat yang akan dilaksanakan. Debat pertama digelar pada 23 Oktober, kedua 18 November dan debat pamungkas digelar pada 4 Desember.

Baca Juga : Peduli Generasi Muda, Paslon SanDi Siap Bentuk Tim Pergerakan Ekonomi Malang Milenial

Meski demikian, KPU bakal membatasi jumlah partisipan di penyelenggaraan debat paslon tersebut. Hal ini karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

“Ada tiga kali debat. Peserta debat dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Nikmatus Sholikah. 

Dikatakannya, aturan debat publik tertuang dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020. Dalam PKPU itu, ada aturan pembatasan peserta debat. Yakni, hanya ada lima komisioner KPU, dua anggota Bawaslu, paslon, dan tim paslon berjumlah 4 orang. 

“Artinya, peserta benar-benar dibatasi. Tidak ada penonton maupun pendukung paslon. Hanya ada pihak terkait, seperti pengamanan,” paparnya.

Sementara terkait materi debat, Nikmah menyampaikan, materi dan tema debat sudah diatur dalam PKPU. Dalam tiga kali debat yang digelar akan membahas tentang kesejahteraan masyarakat, pendidikan dan penanganan Covid-19. 

Baca Juga : Tiga Paslon Pilkada Kabupaten Malang Berebut Suara Milenial, Berikut Acuan Datanya

“Untuk debat, tema yang dibahas sudah kita rapatkan bersama dengan masing-masing tim pasangan calon. Detailnya akan segara difinalkan,” pungkasnya. 

Pilkada Kabupaten Blitar 2020 akan diramaikan dua pasangan calon (paslon). Paslon nomor urut 1 Rijanto-Marhaenis Urip Widodo diusung PDI P, Gerindra, Demokrat, Nasdem, Golkar dan PPP. Sementara paslon nomor urut 2 Rini Syarifah (Mak Rini)-Rahmat Santoso (Makdhe Rahmat) diusung PKB, PAN, dan PKS.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana