Bukit Jabal (Foto: YouTube)
Bukit Jabal (Foto: YouTube)

Berwisata merupakan salah satu hiburan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan berwisata ke destinasi yang menarik, kita bisa menghilangkan stres sejenak untuk melepaskan penat.  

Tak melulu ke tempat hiburan, banyak beberapa orang justru suka berwisata alam. Salah satunya yakni gunung atau bukit.  

Baca Juga : Pemkab Malang Siapkan SOP Antisipasi Potensi Tsunami, Pasang Bendera Khusus di Pantai

Nah, siapa sangka di Kabupaten Malang ternyata memiliki destinasi menarik yakni sebuah bukit yang dibilang kembaran di Makkah.  

Kenapa bisa dibilang kembar, karena nama bukit tersebut ialah Bukit Jabal.  

Bukit Jabal ini berada di lereng gunung di Dusun Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan, Dau, Malang.  

Bukit ini memiliki keindahan yang sangat menarik bak negeri di atas awan. Dari Bukit Jabal, kalian bisa loh menikmati sensai lautan awan dan sunrise yang sangat indah.  

Plus tampak pula pemandangan puncak Semeru, Arjuna hingga Panderman. Bukit ini tentunya rekomendasi banget bagi kalian yang memiliki hobi naik gunung atau nanjak.  

Tapi nanjak nggak perlu ke gunung juga kan, bisa pula bukit-bukit yang tak terlalu tinggi salah satunya Bukit Jabal ini.  

Namun, mungkin bagi kalian yang belum terbiasa menanjak mungkin susah-susah gampang ya. Kira-kira untuk menanjak ke Bukit Jabal ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam.  

My gallery: Bukit jabal
Foto: My gallery - blogger

Sementara, track-nya pun nggak bisa dianggap remeh loh. Lantaran tanjakan di bukit ini hampir 45 derajat semua kemiringannya. Nah, buat kalian yang akan mencoba nanjak di bukit ini, pastikan kondisi kalian fit ya.  

Namun, rupanya bukit ini masih belum nge-hits di kalangan pendaki lantaran ketinggiannya yang kurang menantang. Sehingga jarang sekali pendaki yang naik ke sana.  

Foto: kayuhanku.blogspot

Namun, buki ini cocok untuk melakukan kegiatan outdoor, camping dan cocok banget bagi kalian yang suka backpacker.

Baca Juga : Jajaran Bunga Hortensia di Taman Bumiaji Sambut Wisatawan Berlibur di Kota Batu

 

Lantaran beberapa tempat di atas atau di puncak bukit sudah dibuat datar sehingga mudah saat pemasangan tenda. Menariknya, Bukit Jabal ini dibuka selama 24 jam. Jadi bagi kalian mau jam berapa pun kesana pasti bisa.  

Dipantau melalui "Ajukan pertanyaan" di website, untuk menuju Bukit Jabal disediakan guide untuk memandu.  

Disediakan pula tempat parkir yang aman di sebuah basecamp. Selain itu juga terdapat sumber air pipa irigasi sehingga bagi kalian yang camping di sana tak kebingungan untuk masak dan air minum sangat terbantu.

Bukit Jabal ini sendiri merupakan bukit yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Kalian ingin menikmati keindahannya juga? Yuk segera datang ke petugas basecamp dan mengisi formulir.

Setelah mengisi formulir, langkah selanjutnya pengunjung melakukan pembayaran donasi lingkungan dan penitipan kendaraan.

Registrasi dibuka hari Sabtu pukul 08:00-22:00 dan hari Minggu pukul 08:00-20:00 bertempat di poskamling setelah gapura pintu masuk Dusun Sumberbendo.

Selain hari Sabtu Minggu dan jam piket  registrasi dan pengambilan KTP/SIM di sekretariat. Alamat Sekretariat : jl kakatua no 35 RT 15 RW 07 Dusun Sumberbendo Desa Kucur