Para TKSK dari 19 Kecamatan berkumpul di pantai Sine Kalidawir / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Para TKSK dari 19 Kecamatan berkumpul di pantai Sine Kalidawir / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Tulungagung diperingati dengan kegiatan Gathering dan Bhakti Sosial, Jumat (09/10/2020). Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Chanief Djatmika Nugroho mewakili Kadinsos yang berhalangan hadir memberikan ucapan selamat 11 tahun TKSK dan sedikit wejangan kepada TKSK.

Dirinya meminta TKSK untuk tetap semangat dalam tugasnya sebagai kepanjangan tangan Dinas Sosial yang ada di kecamatan dalam menangani permasalahan sosial.

Baca Juga : Ini Dia, Nama Bayi Laki-Laki Terbaik

Untuk pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial, Heri Setiawan dan diserahkan kepada koordinator TKSK  selanjutnya diserahkan kepada Bapak Topik Priyadi yang sudah 11 tahun mendampingi TKSK Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutan singkatnya Chanief menyatakan TKSK Kabupaten Tulungagung sudah teruji semangat kerelawanannya dari tahun 2009. Saat itu tali asih dari Kemensos hanya Rp 250 ribu perbulan. Untuk biaya transportasi saja tidak cukup. Sementara, TKSK sebagai garda terdepan di kecamatan dalam menangani permasalahan sosial.

Peringatan HUT 11 tahun TKSK dilaksanakan di Gasebo Pantai Sine Kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung.

Di tempat terpisah melalui video Kadinsos Tulungagung, Suyanto mengucapkan selamat 11 tahun TKSK Kabupaten Tulungagung. Dia juga berharap TKSK Kabupaten Tulungagung semoga lebih maju, sejahtera dan sukses selalu.

Menurut koordinator TKSK, Mohamad Imron Wahyudi dalam peringatan ulang tahun kali ini, mengambil motto "Meneguhkan Semangat 11 Tahun TKSK Kabupaten Tulungagung".

Adapun peringatan 11 Tahun TKSK mengambil tema "Sinergi bersama membangun negeri, terus bergerak hadirkan solusi".

Kegiatan hari ini merupakan puncak acara HUT 11 Tahun TKSK yang sebelumnya sudah mengadakan bhakti sosial pemberian bantuan nasi kotak dan masker kepada tukang becak, kaum duafa dan panti jompo untuk memperingati 11 Tahun TKSK. "Tak ada perjuangan tanpa tantangan, kami di 19 Kecamatan akan selalu melangkah dengan semangat bersama," kata Imron dalam rilisnya.

Baca Juga : Webinar Bersama Mendes PDT, Kades Kendalbulur Panen Pujian

Peran dan tanggung jawab sebagai TKSK merupakan panggilan moral dan kesukarelawanan. Untuk itu pihaknya menyadari bahwa tak ada gading yang tak retak. "Prinsipnya kami telah berupaya melayani dan menjalani tugas kami, sebagai pendamping akan terus membantu masyarakat yang membutuhkan utamanya dalam permasalahan sosial," paparnya.

Selain menjalankan tugas sebagai relawan  untuk mendampingi masyarakat  banyak kegiatan TKSK yang kita lakukan. "Misalnya, bhakti sosial kami menggalang dana sukarela antar TKSK kemudian kita  melaksanakan bhaksos untuk bisa saling berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan," ujarnya.

Selain bhakti sosial menjadi kegiatan rutin, koordinasi antar TKSK di 19 kecamatan juga selalu menjadi agenda untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi di wilayah kerja masing-masing. "Anjangsana setiap dua bulan sekali bergantian dirumah TKSK untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan TKSK juga agenda rakor untuk diskusi  permasalahan di lapangan sehingga dapat dicarikan solusi bersama-sama," terangnya.

Di HUT ke 11 ini, TKSK akan istiqomah mengabdikan diri di masyarakat dengan ikhlas dan bekerja cerdas untuk Tulungagung yang lebih maju.