Pjs Bupati Blitar Budi Santosa (tengah) berbincang dan berdiskusi dengan Sekda Kabupaten Blitar Totok Subihandono dan sejumlah kepala OPD (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)
Pjs Bupati Blitar Budi Santosa (tengah) berbincang dan berdiskusi dengan Sekda Kabupaten Blitar Totok Subihandono dan sejumlah kepala OPD (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santosa tidak tinggal diam dengan isu tambang pasir ilegal yang belakangan mencuat di Kabupaten Blitar. Dirinya menegaskan, akan melakukan investigasi dan melakukan tindakan tegas terhadap tambang ilegal yang meresahkan masyarakat.

Dalam menutup tambang ilegal setidaknya Budi Santosa punya kapasitas di ranah kebijakan. Diketahui dia adalah ASN di Pemprov Jatim yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. 

Baca Juga : Pusat Data Terpadu Pemkot Malang Ditarget Rampung Dua Tahun

“Sebagai Kepala Satpol PP saya tetap persuasif dan melakukan pendekatan humanis. Di sini nanti (Blitar) saya akan lebih fokus dengan persoalan itu (tambang),” ungkap Budi kepada awak media, Senin (28/9/2020).

Dikatakannya, dalam menangani tambang ilegal, dirinya tidak akan pandang bulu. Bila benar ada tambang ilegal yang beroperasi di Blitar maka tambang tersebut akan dikawal dan diberikan fasilitasi untuk dilegalkan. 

“Ilegal itu ya pasti melanggar hukum. Kalau perlu nanti saya bersama Pemkab Blitar dan Pemprov Jatim akan mengawal. Tambang-tambang yang ilegal itu untuk dilegalkan,” tegasnya.

Namun demikian tindakan tegas akan diberikan bila tambang galian C yang ilegal tanpa izin itu tetap saja membandel. Berdasarkan laporan masyarakat saat ini di Kabupaten Blitar banyak tambang ilegal yang beroperasi menggunakan alat modern seperti back ho dan penyedot pasir. Warga pun mengeluh, karena selain ilegal juga banyak jalan yang rusak akibat mobilitas truk pasir.

“Ilegal itu pasti melanggar, kalau tetap membandel ya tentu akan ditutup. Makanya nanti saya akan pendekatan persuasif. Kenapa demikian? karena ini menyangkut perekonomian di era covid-19, pasti banyak tenaga kerjanya. Saya coba nanti ajak dialog, agar tidak terjadi keterpurukan ekonomi,” pungkasnya. 

Baca Juga : PPK Kecamatan Parengan Gelar Uji Publik DPS Pilkada Serentak 2020

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi menunjuk Budi Santosa sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar. Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi di Kota Surabaya pada Jumat (25/9/2020). Budi merupakan birokrat yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Provinsi Jawa Timur. Budi akan menjalankan tugasnya sebagai Pjs Bupati Blitar selama 71 hari.

Kepala daerah di Kabupaten Blitar diisi Pjs karena Bupati Blitar-Wakil Bupati Blitar Rijanto dan Marhaenis Urip  Widodo berpartisipasi sebagai peserta di Pilkada Kabupaten Blitar 2020.