Mahasiswa PKM Unisba Blitar membagikan sembako kepada tukang becak
Mahasiswa PKM Unisba Blitar membagikan sembako kepada tukang becak

Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) Tahun 2020 sukses dilaksanakan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar. Rangkaian kegiatan penutup pun dilaksanakan. Diantaranya, Bakti Sosial yang diselenggarakan PKM Kelompok 26. 

Agenda baksos yang dipusatkan di lingkungan Kampus di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, diisi dengan membagikan sembako kepada tukang becak di sekitar kampus pada Minggu 20  September 2020.

Baca Juga : Berkat Magang di Jepang, Yoseph Simarmata Jadi Pebisnis Sukses

Ya, baksos yang digelar oleh mahasiswa ini benar-benar mampu memberikan sedikit kebahagiaan bagi para tukang becak. Sudah tujuh bulan ini, Negara dalam situasi pandemi Covid-19 yang berimbas terhadap pendapatan mereka yang menurun drastis. 

“Terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa Unisba yang punya kepedulian tinggi. Bantuan sembako ini sangat bermanfaat bagi kami. Pandemi ini dampaknya sangat kami rasakan, cari duit semakin susah,” ucap Winarko, salah satu tukang becak yang mendapat bantuan sembako. 

Para mahasiswa memilih menutup PKM dengan membagikan sembako karena kebutuhan pokok saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya mereka kalangan ekonomi ke bawah. Kalangan terdampak Covid-19 diantaranya tukang becak yang banyak terdapat di sekitaran Kampus Unisba Blitar. 

“Baksos ini adalah agenda penutup PKM Kelompok 26. Sembako yang dibagi kami harapkan dapat meringankan beban tukang becak yang terdampak covid-19,” ungkap Nuryanti selaku Dosen Pendamping PKM Unisba Blitar Kelompok 26. 

Sebagaimana diketahui, Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali menerjunkan para mahasiswanya untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19. Kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2020 digelar dengan warna baru menjadi Program Kegiatan Mahasiswa (PKM).

Baca Juga : 23 Tahun BAF, Bantu Pendidikan Anak Indonesia Melalui CSR

PKM dilaksanakan mahasiswa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan. PKM dilaksanakan selama satu bulan mulai 15 Agustus hingga 15 September 2020.  

Melalui PKM, Unisba Blitar mendorong mahasiswa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus menjadi relawan untuk memutus mata rantai Covid-19 dengan menggunakan aplikasi Inarisk yang dilakukan pendataan di warga masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Selain itu, mahasiswa peserta PKM  dituntut untuk melaksanakan kegiatan bantu kepada masyarakat. (Adv)