Frozen 2 (Foto:  thetrendsplus.com)
Frozen 2 (Foto: thetrendsplus.com)

Cerita yang menarik ditambah sinematografi ataupun pemeran yang populer bisa jadi faktor laris tidaknya sebuah film. 

Sebab, tingginya angka penonton menunjukkan jika kualitas film tersebut dibuat dengan standar dan ekspektasi penonton.  

Baca Juga : Tayang Hari Ini di Netflix, Kisah Guru Supernatural dalam Drakor The School Nurse Files

Jalan cerita yang epic selalu membuat penonton penasaran. Hingga akhirnya film-film tersebut menjadi film terlaris sepanjang masa.  

Dilansir melalui Box Office Mojo, berikut deretan film terlaris sepanjang masa per Juli-Agustus 2020:  

1.  Avengers: End Game (2019)

Film yang diproduksi oleh Marvel Studio dan Walt Disney Pictures ini mampu meraup untung hingga USD2.797 miliar, atau sekitar Rp 39 triliun.

Avengers: End Game (2019) ini memang sangat digandrungi pencinta Marvel Studio Universe (MCU).  

Film dengan durasi 182 menit, penonton diajak melihat perjuangan akhir dari para Avengers yang berusaha memulihkan tatanan alam semesta, dengan melawan rival utama Thanos (Josh Brolin) dan pasukannya.

Beberapa Avengers seperti Steve Rogers/Captain America (Chris Evans), Natasha Romanoff/Black Widow (Scarlett Johansson) hingga Thor (Chris Hemsworth) mendapat bantuan dari Carol Danvers/Captain Marvel (Brie Larson), meramaikan sekuel besutan Joe dan Anthony Russo  

2. Avatar (2009)

Film Avatar digarap oleh sutradara kenamaan James Cameron. Film ini berhasil meraup keuntungan hingga USD2.790 miliar, atau sekitar Rp 39 triliun.  

Bahkan film ini nangkring selama 10 tahun menjadi film terlaris di dunia, sebelum akhirnya digeser oleh Avengers: Endgame.

Film bergenre Sci-fi ini langsung booming dan mendapat banyak pujian serta penghargaan karena efek visualnya dan kesuksesan dalam menggunakan teknik shooting motion capture.

Film berdurasi 161 menit ini, penonton diajak melihat kehidupan di masa depan pada tahun 2154 masehi. Selain itu film ini juga menceritakan sebuah tempat bernama Pandora, yang atmosfernya beracun bagi manusia dan dihuni suku Na'vi.

3. Titanic (1997)

Titanic didapuk sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa bergenre romantis-tragedi.  

Titanic berhasil meraup keuntungan sebanyak USD2.196 miliar, atau setara Rp 32 triliun.

Film ini bercerita mengenai lika liku perjalanan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) dan Jack Dawson (Leonardo Dicaprio) dengan berlatar kapal titanic megah dan karam.

Kisah cinta perempuan bangsawan yang terkungkung, bersama dengan pria tak berada dengan jiwa yang bebas mampu menjadi bumbu romantis yang diciptakan lewat film berdurasi 195 menit ini.

4. Star Wars: The Force Awakens (2015)

Star Wars: The Force Awakens  merupakan sekuel pertama dari trilogi Star Wars. Film ini mampu meraih keuntungan senilai USD2.068 miliar, atau sekitar Rp 30 triliun.

Film garapan J. J. Abrams ini mengisahkan sosok Luke Skywalker (Mark Hamill), yang merupakan Jedi terakhir (pahlawan penjaga perdamaian dan keadilan di Galactic Empire) hilang.  

Luke mendapat ancaman akan dimusnahkan oleh Organisasi First Order telah bangkit kembali setelah kehancuran Galactic Empire.

Di film ini, setidaknya ada tiga pemain Indonesia yang bergabung yakni Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arief Rahman.

5. Avengers: Infinity War (2018) 

Film Avengers: Infinity War ini mampu menghasilkan keuntungan hingga USD2.048 miliar, atau setara dengan Rp 29,9 triliun.

Film yang diproduseri oleh Kevin Feige ini mengisahkan para Avengers yang melawan habis-habisan Thanos (Josh Brolin) yang berambisi menghancurkan kehidupan di seluruh jagad raya. 

Untuk memuluskan jalannya, Thanos membutuhkan enam infinity stone yang memiliki kekuatan tertinggi dan tersebar di seluruh jagad raya.

Keenam batu itu bisa membuat pemiliknya mengendalikan kehidupan, ruang, waktu dan segalanya. Tentunya hal tersebut membuat para Avengers kewalahan.  

6. Jurassic World (2015)

Film garapan sutradara Colin Trevorrow ini mampu meraup keuntungan sebesar USD1.670 miliar, atau setara dengan Rp 24,4 triliun.

Jurassic World merupakan film keempat dari serial film Jurassic Park tahun 1993.  

Baca Juga : Senyum Sutradara Asal Malang Ini Merekah Saat Vincent dan Desta Mengumumkan Filmnya Juara

Berdurasi 124 menit, film ini akan mengajak penonton melihat kisah dua bersaudara Zach Mitchell (Nick Robinson) dan Gray Mitchell (Ty Simpkins) saat mengunjungi Jurassic World, sebuah taman hiburan dinosaurus di Isla Nublar.

Mereka mendapatkan privilege, karena bibi mereka Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) adalah manajer operasinya.  

Namun karena sebuah kesalahan, taman tersebut sangat chaos sebab salah satu dinosaurus dengan spesies berbahaya dan mengerikan lepas.

Hal tersebut lalu membuat Claire dibantu dengan Owen Grady (Chris Pratt), seorang mantan prajurit angkatan laut dan pelatih empat Velociraptor, untuk menyelamatkan nyawa keponakannya, sekaligus menyelamatkan Jurassic Park beserta spesies di dalamnya.

7. The Lion King (2019)

The Lion King merupakan film petualangan drama Amerika Serikat yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures.

Film ini mampu meraup keuntungan sebesar USD1.656 miliar, atau setara dengan Rp24,2 triliun.

The Lion King merupakan sebuah remake animasi komputer fotorealistis dari film tahun 1994 dengan judul yang sama.  

Film ini digarap oleh sutradara Jon Favreau dan menceritakan kisah Simba seorang anakan singa yang memiliki mimpi untuk menjadi raja singa seperti ayahnya, Mufasa.

Namun mimpinya itu dijegal oleh pamannya sendiri yang licik dan berniat menaiki tahta raja singa dan hutan.  

Penonton akan dimanjakan dengan sikap lucu dan ksatria Simba pada film ini.  

8. The Avengers (2012)

Film produksi Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures ini, meraup keuntungan sebesar USD1.518 miliar, atau sekitar Rp22,2 triliun.

Film keenam di Marvel Cinematic Universe (MCU) ini juga berhasil memenangkan nominasi Best Achievement in Visual Effects pada Oscar 2013.

The Avenger adalah film yang mengusung genre action sci-fi yang mengisahkan pertarungan para superhero melawan makhluk dari Planet Asgard yang memiliki niat jahat untuk menguasai bumi dan isinya yakni Loki alias Chitauri (Tom Hiddleston).

Loki merencanakan hal itu setelah mengetahui penelitian tentang Kristal Tesseract yang dilakukan Supreme Headquarters, International Espionage, Law-Enforcement Division (S.H.I.E.L.D).

9. Fast and Furious 7 (2015)

Fast and Furious 7 berhasil meraup keuntungan sebesar USD1.515 miliar, atau setara dengan Rp22,1 triliun.

Film garapan James Wan ini sangat dinanti penonton, sebab diketahui, sang aktor Paul Walker telah meninggal dunia sebelum film Fast & Furious 7 ini tayang di bioskop.

Fast and Furious 7 berkisah tentang Dominic Toretto (Vin Diesel), Brian O'Conner (Paul Walker), dan kru lainnya yang berniat menjalani masa damai dan kembali ke AS, setelah berhasil mengalahkan Owen Shaw.

10. Frozen II (2019)

Film animasi ini berhasil meraih untung penghasilan karya sebesar USD1.450 miliar atau sekitar Rp21,2 triliun.

Frozen II merupakan film fantasi musikal animasi komputer Amerika garapan Walt Disney Animation Studios.  

Sekaligus sekuel kedua dari film animasi Frozen yang tayang pada 2013 lalu.

Film ini mengisahkan kelanjutan petualangan Elsa dan Anna di hutan ajaib.  

Penonton diajak mengikuti petualangan Elsa, Anna, Kristoff, Olaf, dan Sven yang memulai perjalanan mereka untuk meninggalkan kerajaan Arendelle.