Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

September Kok Sudah Hujan Lebat hingga Akibatkan Banjir? Ini Penjelasan BMKG

Penulis : Desi Kris - Editor : Nurlayla Ratri

22 - Sep - 2020, 11:31

Hujan (Foto:  WKBN.com)
Hujan (Foto: WKBN.com)

Bulan September sebenarnya belum memasuki musim hujan. Namun, hujan lebat sudah mulai datang di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Sukabumi dan Bogor hingga mengakibatkan banjir bandang.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat memprediksi jika musim hujan akan datang pada akhir Oktober 2020.  

Baca Juga : World Cleanup Day 2020, Selama 2 Hari Kumpulkan 8 Ton Sampah di Kota Batu

Namun terkait hujan di September ini hingga mengakibatkan banjir, BMKG pun memberikan penjelasan. Dijelaskan BMKG jika hujan lebat yang terjadi dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil.  

Hal itu diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatoral serta adanya daerah pertemuan angin (konvergensi).  

"Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulisnya.  

Banjir bandang di Sukabumi dan Bogor sendiri terjadi pada Senin (21/9/2020) yang diakibatkan oleh hujan lebat. Curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode 4 jam (15.00-19.00) teramati di Citeko.  

Lebih lanjut, terkait adanya peristiwa ini BMKG mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu 3 jam-an untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir pada 21 September 2020 sebanyak lima kali.

Baca Juga : Pemkot Madiun Geber Kebersihan Aliran Sungai jelang Musim Hujan Tiba

Selain itu BMKG juga mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020 yakni mulai Oktober-November 2020. Akibat banjir bandang di Sukabumi dan Bogor itu, terdapat belasan rumah terseret air banjir dan mobil-mobil terendam.

 


Topik

Lingkungan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Nurlayla Ratri