Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Inilah Sumur Legenda, Tempat Rasulullah Mandi Sebelum Taklukkan Makkah

Penulis : Desi Kris - Editor : Nurlayla Ratri

21 - Sep - 2020, 08:24

Sumur Legenda, Tempat Rasul Mandi (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Sumur Legenda, Tempat Rasul Mandi (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Tempat-tempat bersejarah Islam di Kota Makkah selalu membuat penasaran publik. Salah satu tempat bersejarah yang menarik dibahas ialah Bir Tuwa atau Sumur Tuwa.  

Sumur Tuwa terletak di kawasan Jarwal, Kota Makkah, Arab Saudi. Sumur ini merupakan sumur bersejarah lantaran terdapat kisah menarik tentang Rasulullah saat hendak menaklukkan Makkah.  

Baca Juga : Ditolak Syuting di Tempat Angker di Tulungagung, Begini Klarifikasi Manajemen Pemburu Hantu 

 

Lalu seperti apa ya kira-kira kondisi Sumur Tuwa saat ini?  

Nah kondisi terbaru Sumur Tuwa ini terlihat melalui tayang video di channel YouTube Alman Mulyana. Diceritakan Alman, jika Sumur Tuwa tersebut pernah digunakan Rasulullah mandi sebelum masuk ke Masjidil Haram.  

Kala itu, Rasul bersama 10 ribu sahabat datang dari Kota Madinah pada tahun 8 hijriah. Tujuan Rasul datang ke Makkah yakni untuk menaklukkan Makkah yang saat itu masih berada di bawah kekuasaan orang-orang Quraisy.  

Sebelum menuju Masjidil Haram, rasul pun sempat singgah di sumur itu. Rasul bermalam, mandi dan melaksanakan salat di Sumur Tuwa tersebut.  

Diceritakan juga sekiranya di waktu Dhuha, Rasul membagi pasukan untuk menaklukkan Makkah. Rasul lantas mengutus salah seorang sahabat untuk memimpin perang tersebut.  

Di situ juga Rasul mengatur strategi untuk membagi pasukan hingga akhirnya mereka berhasil masuk ke Masjidil Haram. Hingga kini, Sumur Tuwa itu pun masih terjaga.  

Baca Juga : Abu Lahab Diabadikan Jadi Nama Gunung di Makkah, Berikut Penampakkan Kampung dan Rumahnya 

 

Terlihat di video itu tampak sebuah bangunan warna putih seperti masjid yang dikelilingi dengan pagar. Di dalam bangunan itu terdapat Sumur Tuwa yang digunakan Rasul mandi sebelum menuju ke Masjidil Haram.

Alman pun berusaha untuk mengambil gambar di dalam bangunan tersebut melalui jendela bagian atas lantaran pintu yang dikunci rapat. Setelah berhasil mengambil gambar terlihat sebuah sumur yang ditutup dengan layaknya besi berbentuk lingkaran.  

Dikisahkan jika sejak rasul mandi di sumur itu, air yang ada di dalamnya tampak selalu penuh dan jernih.  

 


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Nurlayla Ratri