Bupati Blitar Rijanto melaunching  Paket Wisata Olas Kembar Umum di Pantai Serang.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto melaunching Paket Wisata Olas Kembar Umum di Pantai Serang.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Kabar gembira bagi wisatawan yang ingin berlibur di Blitar, baik dari luar kota maupun wisatawan lokal. Paket wisata Olas Kembar yang sebelumnya khusus untuk pelajar, kini dibuka untuk umum. 

Paket Wisata Olas Kembar (Ojo Lungo Adoh Sakdurunge Kemput Blitar) untuk umum ini resmi bergulir kembali setelah di-launching Bupati Blitar Rijanto di Kawasan Wisata Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Minggu (20/9/2020) petang.

Baca Juga : Resmikan Destinasi Wisata Bedengan, Bupati Sanusi Harapkan Penambahan PAD

Rijanto menyebut, inovasi ini merupakan salah satu upaya pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

Paket Wisata Olas Kembar merupakan salah satu program unggulan Pemkab Blitar melalui Dinas Parbudpora dan juga Bapparda Kabupaten Blitar. Program ini ditujukan untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan lokal untuk berkunjung ke destinasi wisata Blitar sebelum berwisata ke luar daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Rijanto mengatakan pariwisata di kota patria ini tumbuh pesat. Akan tetapi banyak warga yang belum tahu potensi wisata di Kabupaten Blitar dan justru lebih tahun wisata daerah lain. 

Oleh karena itu, Olas Kembar diharapkan menjadi program untuk mengenalkan potensi pariwisata di Kabupaten Blitar.

"Masyarakat lebih senang berwisata di Pulau Dewata ataupun di Jawa Tengah, dibandingkan rekreasi di daerah kita sendiri. Padahal potensi wisata di Kabupaten Blitar juga luar biasa," tegas Rijanto saat launching Olas Kembar. Umum di Pantai Serang.

Untuk itu, Rijanto mendorong agar di masa adaptasi kebiasaan baru ini sektor pariwisata di Kabupaten Blitar segera bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya paska pandemi ini justru bisa menjadi momentum bagi destinasi wisata untuk menggaet kunjungan wisatawan lokal.

"Tentunya pandemi Covid-19 ini juga membawa hikmah tersendiri bagi kepariwisataan kita. Adanya arahan dari Pemerintah Pusat untuk membangkitkan sektor ekonomi dengan menerapkan protokol kesehatan kita gunakan kesempatan itu untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata lewat program Olas Kembar Umum yang saya launching hari hari ini," tuturnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, Paket Wisata Olas Kembar Reguler ini merupakan program stimulus untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Kabupaten Blitar. Di masa adaptasi kebiasaan baru dan dibukanya kembali destinasi wisata dengan penerapan protokol kesehatan diharapkan harus bisa diimbangi dengan berjalannya elemen-elemen kepariwisataan lainnya.

"Sesuai dengan edaran Bapak Bupati tanggal 3 Agustus 2020, tentang pembukaan kembali sektor pariwisata. Bagi destinasi yang sudah memenuhi syarat SOP protokol kesehatan, sudah diverifikasi dan mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas maka bisa membuka kembali destinasi wisatanya. Olas kembar ini adalah program dari Disparbudpora bekerjasama dengan Bapparda Kabupaten Blitar. Hari ini kita buka kembali untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Kabupaten Blitar," jelasnya.

Baca Juga : Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi, Pemdes Socorejo Luncurkan Wisata Pantai Semilir

Menurutnya, sektor pariwisata diharapkan bisa menjadi pionir untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru new normal live. Melalui Paket Wisata Olas Kembar ini diharapkan secara bertahap sektor pariwisata bisa segera pulih kembali dan ikut menyokong agenda pembangunan daerah Kabupaten Blitar.  

"Harapannya secara bertahap, nantinya pelan-pelan kita bisa bangkit dari keterpurukan. Tentunya bagi masyarakat yang ingin berwisata bisa berkunjung ke destinasi yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas. Melalui Paket Wisata Olas Kembar kita ingin memulai dan memberi contoh bahwa di era adaptasi kebiasaan baru ini berwisata pun aman selama kita tetap mematuhi protokol kesehatan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Al Fata mengatakan, Paket Wisata Olas Kembar Umum ini merupakan inovasi program dari Bapparda dan juga Dinas Parbudpora dalam menyikapi situasi pasca pandemi covid-19. Seperti diketahui bersama, efek dari pandemi covid-19 menyebabkan lumpuhnya berbagai sektor termasuk sektor pariwisata. Diharapkan dengan di-launching-nya Olas Kembar Umum ini dapat memberikan angin segar bagi sektor pariwisata Kabupaten Blitar di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Hadirnya Olas Kembar Umum ini sebagai strategi menyingkapi dalam kondisi pasca pandemi, memasuki masa adaptasi kebiasaan baru. Jadi apabila segmen kita kemarin fokus pada lembaga pendidikan, sedangkan permasalahan kita saat ini dihadapkan pada lembaga pendidikan banyak yang belum buka. Maka kita kembali pada Visi Olas Kembar itu sendiri yakni menjangkau seluruh segmen lapisan masyarakat," kata Akhsin.

Dia menambahkan, perkembangan Paket Wisata Olas Kembar sangat pesat. Terhitung sejak berjalan pada pertengahan tahun 2019 lalu, Paket Wisata Olas Kembar segmen pendidikan membawa dampak ekonomi yang sangat besar pada sektor pariwisata di Kabupaten Blitar.

"Tidak terasa pelaksanaan Olas Kembar diperiode pertama sebelum pandemi covid-19 kemarin membawa dampak ekonomi yang sangat besar. Tercatat setidaknya ada 1 milyar lebih perputaran uang di kepariwisataan kita. Adanya pandemi bukanlah akhir perjuangan kita dalam membangun kepariwisataan di Kabupaten Blitar. Melalui Olas Kembar diharapkan kepariwisataan kita bisa segera bangkit kembali," tandasnya.