Pelatihan Marketing Online digelar Dosen Fisipol Unisba Blitar
Pelatihan Marketing Online digelar Dosen Fisipol Unisba Blitar

Pemasaran online tengah menggeliat di masa pandemi Covid-19. Ya, di masa yang rawan dengan resesi seperti saat ini, pemasaran produk secara online sangat membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan mereka.

Kondisi ini mendorong kalangan akademisi dari Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Pelatihan Pemasaran Online di Era Revolusi Industri 4.0 dan di Masa Pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Tampung dan Serap Aspirasi Mahasiswa, Sema-U UIN Malang Luncurkan Website Serasi

Kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh Lu'lu Ul Maknunah, S.T.P., M.P, Dosen Ilmu Administrasi Bisnis dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kampus Unisba Blitar pada Selasa (15/9/2020) diikuti 38 peserta dari kalangan mahasiswa dan pelaku bisnis. 

Dalam pelatihan pemasaran online ini, para peserta diberikan materi pemasaran secara online melalui media sosial Facebook market place. Peserta juga diberikan materi praktek dengan membuat link nomor ponsel masing-masing dengan singkat. Banyaknya ilmu dan wawasan baru yang disampaikan membuat peserta nampak bersemangat. Dengan arahan dari pemateri seluruh peserta berhasil membuat link nomor ponselnya masing-masing.

"Link nomor ponsel tersebut akan bermanfaat untuk para peserta memasarkan produk mereka secara online. Jadi, calon pembeli tidak perlu menyimpan nomor ponsel penjual ketika ingin membeli produk dari penjual tersebut. Cukup dengan satu klik link yang dibagikan oleh penjual maka calon pembeli langsung dapat masuk ke nomor wa penjual,” ungkap Lu'lu Ul Maknunah yang bertindak langsung sebagai pemateri di pelatihan ini.

Dikatakannya, Unisba Blitar akan terus melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Baca Juga : Kontribusi pada Dunia Pendidikan di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN Unikama

“Pelatihan seperti ini memang perlu terus diadakan oleh para dosen. Terutama sebagai bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat. Setiap tahun seorang dosen berkewajiban melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat minimal satu kali. Hal inilah juga yang melatarbelakangi saya dalam melaksanakan kegiatan pelatihan marketing online hari ini. Saya sebagai dosen akan terus melakukan pelatihan serupa di tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya (Adv). <