Operasi Gempur, Bea Cukai Blitar Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 70 Juta | Tulungagung TIMES

Operasi Gempur, Bea Cukai Blitar Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 70 Juta

Aug 28, 2020 12:19
Tegas di masa pandemi, Bea Cukai Blitar musnahkan puluhan ribu rokok ilegal.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Tegas di masa pandemi, Bea Cukai Blitar musnahkan puluhan ribu rokok ilegal.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Sebagai bentuk transparansi pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai, Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Blitar menggelar pemusnahan barang milik negara yang terdiri dari 90.909 batang rokok ilegal dan rokok elektrik. Pemusnahan dilaksanakan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (RUPBASAN) Kelas II Blitar, Jumat (28/8/2020). 

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC Tipe Madya Pabean C Blitar, Hendro Trisulo mengungkapkan, rokok ilegal dan rokok elektrik tersebut diamankan petugas dalam operasi gempur yang digelar pada tanggal 6 hingga 31 Juli 2020. 

Baca Juga : Jokowi Serahkan BSU kepada Pekerja Peserta BPJAMSOSTEK Hari Ini

Barang-barang yang dimusnahkan tersebut memiliki nilai Rp 70.4 juta dan berpotensi merugikan negara sekitar Rp 40 juta. Barang-barang tersebut diamankan petugas Bea Cukai karena termasuk dalam barang dengan cukai ilegal. 

“Barang-barang ini kita amankan dalam operasi gempur. Barang-barang ini kami sita dari daerah wilayah kerja kami meliputi Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Tulungagung dan Trenggalek," ucap Hendro. 

Hendro melanjutkan, rincian barang-barang yang disita ada 90.909 batang rokok ilegal dan 109 botol likuid rokok elektrik.

Dikatakannya, dari penindakan ini petugas Bea Cukai mengeluarkan 15 Surat Bukti Penindakan. Dari 15 surat yang dikeluarkan, satu surat berisi sanksi administrasi dikenakan kepada satu pengusaha hasil tembakau. 

“Di wilayah hukum kami, peredaran rokok ilegal ini masih kerap ditemukan di toko dan warung yang berada di pelosok pedesaan. Ke depan kami akan tingkatkan sosialisasi untuk menekan laju peredaran rokok ilegal,” tegasnya. 

 

 

Topik
Berita Blitar Hari Ini kantor bea cukai Pemusnahan Rokok Ilegal Kerugian Negara

Berita Lainnya