Upacara Pedang Pora pelepasan Komandan Kodim Tulungagung (Joko Pramono for Jatim TIMES)
Upacara Pedang Pora pelepasan Komandan Kodim Tulungagung (Joko Pramono for Jatim TIMES)

Pucuk pimpinan Kodim 0807/Tulungagung berganti. Posisi Komandan Kodim dari Letkol Inf. Wildan Bahtiar diganti oleh Letkol Inf. Mulyo Junaidi. Letkol Inf. Wildan Bahtiar menempati posisi baru sebagai Pabandya-3/Psijaskes SpabanVII/ Binjahrir Spersad di Mabes AD, Jakarta. Sedang pejabat Dandim Tulungagung yang baru, Letkol Inf. Mulyo Junaidi sebelumnya menjabat sebagai Dan Yonif 126 / Ks Rem 022/PT Kodam I/ BB.

Uniknya lagi, Dandim baru berasal dari Tulungagung atau asli putra daerah. Pergantian Komandan Kodim ini ditandai dengan sertijab yang dilakukan di Makorem 081 DSJ Madiun pada Selasa (4/8/20) lalu. Dan diteruskan dengan upacara pedang pora pada Kamis (6/8/20) di Makodim Tulungagung.

Baca Juga : Prajurit Kodim 0808/Blitar Sambut Kedatangan Komandan Baru

 

Sebelum upacara pedang pora, Komandan Kodim yang baru berangkat ke Makodim dari rumah orang tuanya di jalan Diponegoro, Tulungagung dengan menggunakan kereta kuda. Sebelum berangkat, Dandim baru bersujud meminta restu kepada kedua orang tuanya.

Letkol inf. Wildan Bahtiar sebelum meninggalkan Makodim menuju tempat tugas barunya menitipkan pasukan yang selama ini sudah berada di bawah komandonya kepada Dandim baru.

Begitu juga dengan pasukan yang ditinggalkan agar mematuhi perintah dari Dandim yang baru. “Hal-hal positif yang sudah kita bangun, seperti silaturahni yang kita bangun harapanya bisa dilanjutkan,” ujarnya. 

Dirinya juga mengapresiasi kepada anakbuahnya yang selama ini sudah menunjukan loyalitasnya pada pimpinan. Dirinya juga berterima kasih kepada masyarakat Tulungagung yang sudah menerimanya selama dirinya bertugas di Tulungagung.

Salah satu kesan lainnya, dirinya sangat menyukai masakan asli Tulungagung, seperti Ayam Lodho, sate kambing dan gule asli Tulungagung. “Ayam Lodhonya itu mantap, bumbu santanya itu rasanya gurih,” pungkasnya.

Baca Juga : Keteguhan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar Sambil Tambal Ban

 

Sementara itu Komandan kodim yang baru, Letkol Inf. Mulyo Junaidi akan melanjutkan silaturahmi yang telah terbangun oleh Komandan Kodim yang lama. “Yang pasti tujuannya berkesinambungan dan pastinya untuk menyukseskan tujuan Tulungagung yang Ayem Temtrem Mulyo Lan Tinoto,” ujar Dandim baru.

Dirinya juga berterimakasih atas sambutan masyarakat dan anggota Kodim yang hangat untuk dirinya.