Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Facebook Rilis "Reels" di Instagram, Fitur Baru Video Pendek Mirip TikTok

Penulis : Desi Kris - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Aug - 2020, 08:56

Reels Instagram (Foto: The Verge)
Reels Instagram (Foto: The Verge)

Facebook baru saja resmi merilis fitur terbarunya di Instagram, Rabu (5/8/2020). Fitur tersebut bernama Reels yang ternyata mirip dengan aplikasi video pendek TikTok.  

Dilansir melalui channelnewsasia.com, peluncuran Reels ini diumumkan di tengah proses negosiasi terkait akuisisi bisnis TikTok di Amerika Serikat oleh Microsoft.  

Baca Juga : Disdik Ngawi Luncurkan Aplikasi SIMPEL Atasi Kesulitan Belajar

Diketahui, ByteDance yang membuat aplikasi TikTok bersedia untuk menginvestasikan sahamnya setelah diancam pemblokiran oleh pemerintah AS. Kehadiran fitur baru ini, diprediksi akan memanaskan rivalitas antara Facebook dan TikTok.  

Hal itu lantaran, fitur video pendek tersebut saat ini menjadi sangat populer di kalangan generasi muda. Sebelumnya, Reels telah diuji coba pertama kali di Brazil pada tahun 2018.

Lalu proses uji coba dilanjutkan ke Prancis, Jerman dan India. Secara fitur, pengguna Reels bisa merekam video pendek yang ramah dengan tampilan ponsel secara vertikal.  

Pengguna juga bisa menggunakan spesial efek dan soundtrack yang tersedia di music library. Namun, siapa sangka kesamaan Reels dan TikTok ini justru membuat gerah CEO TikTok, Kevin Mayer.  

Ia menyebut jika Reels sebagai produk jiplakan TikTok.  

Instagram Stories launches TikTok clone Reels in Brazil | TechCrunch
Foto: TechCrunch

Kevin juga mengatakan jika fitur tersebut memanfaatkan basis pengguna Instagram yang sudah besar. Sebelumnya, Facebook gagal dengan proyek serupa yang diberi nama Lasso. Proyek itu pun akhirnya ditutup pada akhir bulan lalu.  

Saat rapat dengar pendapat dengan Kongres AS, Facebook mendapat kritikan anggota jika telah menggunakan strategi menjiplak kompetitor agar bisa memonopoli bisnis. Terkait hal ini, Wakil Presiden Instagram, Vishal Shah mengakui jika adanya kemiripan pada fitur Reels dengan kompetitor.  

Shah menyebut jika fitur baru yang dibuat terinspirasi dari mana saja. "Inspirasi atas terciptanya produk bisa datang dari mana pun, termasuk tim Facebook yang memiliki ekosistem lebih luas," ujarnya.  

Baca Juga : Fitur Baru, WhatsApp Akan Bisa Hapus Pesan Setelah 7 Hari secara Otomatis!

Ia juga mengatakan jika saat ini Instagram belum berencana untuk menawarkan fitur iklan yang kemungkinan penggunanya memperoleh uang dari Reels. Kendati demikian perusahaan telah merekrut artis-artis muda untuk menguji coba Reels, seperti penari Merick Hanna dan musisi Tiagz.  


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Nurlayla Ratri