Penumpukan kendaraan di depan kantor PLN di Jalan Kapten Kasihin (Joko Pramono/ Jatim TIMES)
Penumpukan kendaraan di depan kantor PLN di Jalan Kapten Kasihin (Joko Pramono/ Jatim TIMES)

Sejumlah jalan di Kabupaten Tulungagung mengalami kemacetan. Kemacetan ini dipicu oleh penutupan Jembatan Lembupeteng, yang berada di jalur nasional.

Seperti nampak di perempatan Kemuning di Jalan Wage Rudolf Supratman hingga di Jalan Mayjend Sungkono Kelurahan Kutoanyar.

Baca Juga : Cegah Covid-19, Marka Jalan di Kota Blitar Didesain Mirip Arena Balap

Salah satu pengguna jalan yang kebetulan lewat jalan itu, Hadi warga Trenggalek mengeluhkan kemacetan ini.

“Tadi mau lewat Lembupeteng enggak bisa karena ditutup, terus diarahkan ke sini, macet juga,” keluh Hadi, Selasa (4/8/20).

Tak hanya di Perempatan Kemuning, kemacetan juga terlihat di Jalan Kapten Kasihin depan kantor PLN hingga Pasar Ngemplak Tulungagung.

Jalur ini menjadi salah satu jalur alternatif selama perbaikan Jembatan Lembupeteng. Kemacetan di jalur ini mencapai sepanjang 1 kilometer lebih.

“Tadi dari Blitar mau menuju Trenggalek, terus di RS lama dialihkan ke sini, ternyata sampai sini jalanya merayap,” ujar salah satu pengguna jalan, Sucipto.

Satlantas Porles Tulungagung yang menerima laporan itu langsung bergerak cepat menuju jalur macet itu.

Personel yang ada langsung mengurai lalu lintas agar arus kembali menjadi lancar. Petugas mengarahkan pengguna juga menggunakan jalur-jalur sirip untuk memecah kemacetan.

“Ini anggota langsung ke lokasi macet,” ujar Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno saat dikonfirmasi awak media.

Jembatan Lembupeteng di Tulungagung yang berada di jalur nasional ini resmi ditutup mulai hari ini, Selasa (4/8/20).

Penutupan direncanakan selama rehabilitasi jembatan selama sekitar 60 hari.

Baca Juga : Macet Masih Melanda, Dewan Tagih Rencana Parkir Vertikal

Penutupan dilakukan lantaran jembatan yang sudah berusia puluhan tahun ini sudah mengalami kerusakan. Kerusakan terlihat di bagian plat injak di sisi barat jembatan.

Untuk pengguna jalan dari arah Kediri yang hendak menuju Trenggalek, nantinya mulai Pertigaan Ngujang, kendaraan akan dialihkan ke barat, menuju Perempatan Cuiri lanjut selatan, hingga Pertigaan Jetakan ke barat.

Untuk arah sebaliknya mengikuti dilewatkan jalur Jetakan menuju Kediri.

Sedang untuk dari arah Biltar menuju Trenggalek, dari simpang empat Jepun, kendaraan sudah diarahkan ke utara, lalu di Simpang 4 Rumah Sakit Lama kendaraan diarahkan ke barat lewat Pasar Ngemplak lanjut Perempatan Cuiri menuju Jetakan belok kanan ke Trenggalek.