Puncak Kemenangan Muslim Turki, Hagia Sophia Akhirnya Bisa Digunakan untuk Salat Jumat | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Puncak Kemenangan Muslim Turki, Hagia Sophia Akhirnya Bisa Digunakan untuk Salat Jumat

Jul 24, 2020 09:00
Hagia Sophia (Foto:  Turkinesia)
Hagia Sophia (Foto: Turkinesia)

Setelah 86 tahun lamanya, Hagia Sophia akhirnya bisa digunakan untuk salat Jumat bagi masyarakat muslim di Turki. Hal ini tentunya menjadi puncak perjuangan umat Muslim di Turki hingga diresmikannya Hagia Sophia sebagai masjid.  

Sebelum menjadi masjid, Hagia Sophia diketahui berfungsi sebagai museum. Dilansir melalui kanal Reuters, dilaporkan jika beberapa organisasi Islam di Turki telah berjuang untuk mengubah Hagia Sophia menjadi rumah ibadah.  

Baca Juga : Awasi Tiga Gunung, 4 Posko Disiapkan Antisipasi Kebakaran Hutan

Salah satunya yakni Anatolian Youth Association (AGD) Genc yang sempat protes dan mengorganisasi doa di luar Hagia Sophia. Sedangkan, kelompok muslim lain diketahui melakukan serangkaian upaya hukum hingga akhirnya pengadilan tinggi Turki memutuskan setuju Hagia Sophia dijadikan masjid.  

Pada akhirnya, Presiden Turki Tayyip Erdogan meresmikan Hagia Sophia sebagai masjid pada Jumat (10/7/2020). Sementara hari ini, Jumat (24/7/2020) ibadah pertama salat Jumat akan dilakukan umat muslim pria di Hagia Sophia.  

Tentunya, perjalanan Hagia Sophia untuk diputuskan menjadi sebuah masjid tidaklah mulus. Keputusan itu sempat diwarnai kritik oleh para pemimpin gereja. Mereka mengatakan, konversi dari museum menjadi lebih eksklusif untuk tempat ibadah muslim berisiko memperdalam perpecahan agama.

Baca Juga : == tambah narasumber == Masih Hidup, Murid Nabi Isa Isyaratkan Umur Panjang Sampai Nabi

Sebagai informasi, pada tahun 1934 di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern, setelah jatuhnya Ottoman, masjid itu dijadikan museum. Kini setelah dijadikan masjid, lukisan dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu salat, tetapi tetap akan dipajang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Anatolian Youth Association Hagia Sophia

Berita Lainnya