Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar mengumumkan penambahan pasien positif dari klaster gowes RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. 

Tercatat ada 30 nakes terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya 11 tenaga administrasi, 14 perawat dan 5 dokter. 

Baca Juga : Didominasi Klaster Malang Utara, Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Bertambah jadi 423

“Test swab terakhir kemarin hasilnya sudah keluar. Untuk yang positif ada tambahan. Sekarang totalnya ada 30 orang. Adapun rincianya administrasi 11, perawatnya 14, dokternya ada 5," ungkap Direktur Utama RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Endah Woro Utami, Kamis (23/7/2020).

Dikatakannya, saat ini tracing internal masih dilakukan dan kemungkinan jumlah pasien positif masih bisa bertambah. 

“Tracingnya terus kita kembangkan. Ada kemungkinan penambahan. Yang jelas kita tujuanya mau jujur untuk memutus penularan Covid-19," ujarnya.

Endah melanjutkan, dirinya tak bermasalah dengan kasus itu. "Kami akan kejar kemanapun virus itu di rumah sakit kami. Begitu ditemukan positif langsung kami lakukan tracing, termasuk keluarga nakes sudah saya laporkan ke Dinas Kesehatan. Kami langsung lakukan swab begitu diketahui ada nakes yang kontak erat dengan nakes positif,” terangnya. 

Baca Juga : Sekda dan Kepala Dispendukcapil Jombang Positif Covid-19, 800 Pegawai Pemkab Di-Rapid Test

Endah juga menyampaikan, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah antisipasi agar penularan covid-19 tidak semakin meluas. Diantaranya, pihaknya kemungkinan akan menutup IGD selama lima hari. Selama lima hari ditutup pihaknya tidak menerima pasien baru masuk. Pasien yang akan masuk ke RSUD Ngudi Waluyo akan dialihkan ke beberapa rumah sakit terdekat. 

“Penutupan selama lima hari belum keputusan final. Nanti kami akan gelar rapat. Keputusannya nanti sore,” pungkasnya.