10/12/2022 AKD Sepakat Beras "Brosot" Diganti, Sekarung Beras BPNT di Wonorejo Diamankan Polisi | Tulungagung TIMES

AKD Sepakat Beras "Brosot" Diganti, Sekarung Beras BPNT di Wonorejo Diamankan Polisi

Jul 22, 2020 19:42
Muhammad Suhardi, humas AKD, bukti beras Brosot yang ditunjukkan agen penyalur di Wonorejo / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Muhammad Suhardi, humas AKD, bukti beras Brosot yang ditunjukkan agen penyalur di Wonorejo / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Pewarta: Anang Basso | Editor: A Yahya

Cepat tanggap Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Tulungagung dalam merespons adanya beras brosot yang dibagikan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol patut diapresiasi. Humas AKD, Muhammad Suhardi, yang merupakan kepala desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut langsung cek ke kantor desa Wonorejo untuk melakukan monitoring.

Hasilnya, setelah bersama Kapolsek Sumbergempol AKP Nengah Suteja, Babhinkamtibmas dan Babinsa di depan agen penyalur, Suhardi mengakui jika beras yang terlanjur dibagikan ke KPM turun kualitas.

Baca Juga : Ratusan KPM Wonorejo Terima Beras BPNT Kurang Layak Konsumsi, padahal..

"Ini memang ada sedikit keteledoran, dengan adanya kejadian seperti ini, berarti fungsi pengawasan sudah bagus dan berjalan," Kata Muhamad Suhardi yang juga merupakan Jubir AKD, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, hal ini terjadi karena ketersediaan barang di supplier yang terbatas,  dan jadwal penyaluran BPNT yang hampir bersamaan. "Jika jelek, ya harus diganti." pungkasnya.

Adanya kejadian itu, pihak AKD akan melakukan evaluasi teehadap supplier dan pihaknya juga telah meminta ke pemasok agar menyiapkan beras pengganti untuk KPM di desa Wonorejo. "Saya sudah komunikasi, suppliernya siap mengganti beras ini," paparnya.

Kapolsek Sumbergempol, AKP Nengah Suteja yang turun ke desa Wonorejo meminta agar masalah tersebut dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak. Jika ada warga menemukan kejadian serupa, Suteja meminta warga tak segan memberikan informasi ke pihaknya agar dapat memberikan pengawasan.

Baca Juga : Satpol PP Kabupaten Kediri Gelar Sidak dan Penertiban Pasar Tradisional

"Jadi tolong, media atau masyarakat jika menemukan kejadian seperti ini dikonfirmasi dengan langsung datang ke agen dan saya dikabari. Masalah begini bisa kita selesaikan dan barang yang tidak sesuai bisa dimintakan ganti," tegasnya.

Suteja kemudian meminta kepada anggotanya untuk membawa sampel satu karung beras ke Polsek Sumbergempol. Beras medium brosot (bukan baru selep) yang beredar di desa Wonorejo ini sebelumnya telah disalurkan ke hampir 500 an KPM. Meski belum ada yang meminta untuk diganti, agen supplier Wiwik Kusumaningsih dan Kepala desa Wonorejo Anis Wijayanti sepakat jika ada permintaan, beras akan diganti dengan medium baru selep seperti kesepakatan para kepala desa dengan Bupati Tulungagung, beberapa waktu sebelumnya. 

Judul berita AKD Sepakat Beras "Brosot" Diganti, Sekarung Beras BPNT di Wonorejo Diamankan Polisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
berita tulungagung BPNT Wonorjo

Berita Lainnya