Jatim Times Network Logo
03/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kesembuhan Covid 19 Tinggi, Tulungagung Jadi Zona Kuning, Fokus Pemulihan Ekonomi

Penulis : Joko Pramono - Editor : A Yahya

22 - Jul - 2020, 05:46

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo  (foto : Joko Pramono/Jatim Times)
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

Seiring tingginya angka kesembuhan pasien covid 19 di Tulungagung yang mencapai 98 persen, kini TUlungagung ditetapkan sebagai zona kuning atau resiko rendah penularan covid 19. Perubahan zona ini disampaikan oleh Bupati tulungagung, Maryoto Birowo, Rabu (22/7/20). “Kabupaten Tulungagung sudah ada perubahan, dari (zona) orange ke zona kuning,” ujar Maryoto Birowo.

Dari data per Rabu (22/7/20), dari 243 pasien terkonfirmasi positif covid 19, 236 diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Selain itu dalam kurun 2 minggu terakhir tak ditemukan tambahan pasien baru dan cluster baru covid 19.

Baca Juga : Sehari Dua Kali Ikut Rapid Test Beda Hasil dari Reaktif ke Negatif, Video Pria Ini Viral

Dengan perubahan warna ini, maka aktivitas ekonomi di Tulungagung mulai digeliatkan seperti membuka kembali warung-warung makan, meski penerapan jam malam masih dilakukan. “Belum (dicabut), sebentar lagi, masih bersabar,” kata Maryoto.

Maryoto juga menyinggung pembubaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid 19, yang saat ini diganti dengan Komite Pemulihan Ekonomi. 

Dengan perubahan ini, penanganan covid 19 saat ini lebih ditekankan pada pemulihan ekonomi, dan penanganan covid 19 juga dilakukan seiring pemulihan ekonomi dalam masa tatanan kebiasaan baru.

Untuk penanganan covid 19 ada, yaitu penanganan secara klinis atau kesehatan dan penanganan sosial ekonomi. 2 hal ini harus berjalan seiring. “Untuk itulah dalam hal ini kami sudah mengupayakan di mana warga yang terdampak covid 19, maka pemerintah sudah memberikan bantuan sosial,” terang Maryoto.

Untuk menuju tatanan kebiasaan baru, pihaknya mengatakan perlunya masa transisi. Untuk itu pihaknya gencar mensosialisasikan tatanan kebiasaan baru di masyarakat, seperti memakai masker, menjaga jarak dan sering cuci tangan. “Disiplin masyarakat sangat kita butuhkan, karena dengan disiplin yang tinggi semakin memperkecil penyebaran covid 19,” tuturnya.

Baca Juga : Bagikan Obat Herbal dari Kapolda, Kapolres Malang: Diminum 3 Kali ya Bu

Selain itu pihaknya juga membiasakan warga untuk tetap berkativitas seperti biasa untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19. Namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Di sektor usaha mikro, kecil dan pertanian, pihaknya akan terus memberikan pembinaan. “Ini sebagai bentuk balance (penyeimbang) menangani menurunnya daya beli masyarakat yang berkaitan dengan dampak sosial ekonomi,” terangnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Joko Pramono

Editor

A Yahya