Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Hitungan Detik, Covid-19 Diklaim Bisa Mampus Kena Alat Ini

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

30 - Apr - 2020, 10:02

Alat pembunuh virus Covid-19
Alat pembunuh virus Covid-19

Dukungan masyarakat kepada Pemprov Jatim untuk memerangi pandemi Covid-19 terus mengalir. 

Bukan hanya bantuan berupa bahan makanan dan Alat Pelindung Diri (APD), tapi juga bantuan berupa "Virus Killer Deviceā€ alias Alat Pembunuh Virus.

Alat mirip pembersih udara ini diciptakan PT Bimasakti Multi Sinergi dan diklaim mampu membunuh berbagai macam virus, termasuk Covid-19.

"Alat ini mampu menyedot udara yang tercampur virus corona akibat droplet, dan dikeluarkan menjadi menjadi udara yang bisa membunuh partikel virus," ujar PT Dirut Bimasakti Multi Sinergi, Didin Nur Ali usai menyerahkan bantuan alat tersebut ke Pemprov Jatim.

Alat tersebut diterima Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/4/2020) petang.

Menurut Didin, bantuan ini berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaannya dan dirinya berharap alat ini bisa menjadi solusi dari pandemi Covid-19.

"Alat ini masih kita produksi terbatas belum fabrikasi. Maksimal hanya 30-50 unit, itu pun hanya untuk kepentingan donasi dibagi untuk rumah sakit juga di Pemprov. Nanti baru akan dipikirkan untuk produk secara massal di Indonesia," ungkapnya.

Sedangkan penemu alat Virus Killer Device, Dokter Helmi Jakfar mengungkapkan sebenarnya penyebaran virus lebih banyak di ruang tertutup lewat dropplets. 

Karena di ruang terbuka virus mudah mati jika terkena sinar matahari. 

"Ndak perlu satu hari, sepuluh menit saja sudah mati," katanya.

Dirinya mencontohkan dalam rapat dan salah satunya ada yang positif, maka udara dalam ruangan akan bercampur virus jika dia mengeluarkan dropplets dan ini rentan.

Sebaliknya, upaya menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini banyak dilakukan kebanyakan untuk out door. 

Misalnya, penyemprotan disinfektan di jalan-jalan.

Karenanya, dirinya berinisiatif menciptakan alat pembunuh virus. 

Alat ini bekerja membersihkan udara dalam ruangan dan diubah menjadi udara segar.

Cara kerja alat ini, menyedot udara dalam ruangan dan disaring dengan ultraviolet berkekuatan 800 mikro joel. 

Sehingga, akan mematikan virus dan dilanjut dengan pemberian alkaline untuk memastikan mematikan virus.

"Di kotak itu cuma butuh waktu 0,2 detik untuk bunuh virus. Sebetulnya sederhana tapi tak banyak terpikirkan," kata Helmi.

Alat ini juga dianggap cocok untuk kondisi pandemi karena bekerja terus menerus, hingga udara terus bersih. 

Berbeda dengan alat yang sudah ada yang membersihkan ruangan hanya sekali saja di awal.

"Yang penting ini ditempatkan di in door seperti ruang praktik dokter. Saya juga nyiapin untuk kapasitas ruang besar, kalau ini cukup untuk ruang 4x5 meter," tambahnya.

Sementara Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengapresiasi inovasi pembuatan alat pembunuh virus ini. 

Tentunya setiap inovasi di bidang medis akan melalui proses sebelum dipakai untuk keperluan medis yang lebih luas.

"Tetapi kita sangat bangga ada masyarakat jatim yang punya minat untuk melihat potensi untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Bagaimana alat ini bermanfaat ini yang akan dilihat," imbuhnya.


Topik

Tekno surabaya berita-surabaya Alat-pembunuh-virus-Covid-19 Pemprov-Jatim pandemi-Covid-19 Virus-Killer-Device PT-Bimasakti-Multi-Sinergi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri