Pernah Berpergian ke Surabaya, Satu Warga Trenggalek Positif Covid-19 | Tulungagung TIMES

Pernah Berpergian ke Surabaya, Satu Warga Trenggalek Positif Covid-19

Apr 27, 2020 07:52
Pres rilis Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dengan didampingi Kapolres Trenggalek dan Dandim 0806 Trenggalek
Pres rilis Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dengan didampingi Kapolres Trenggalek dan Dandim 0806 Trenggalek

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Trenggalek bertambah satu lagi. Pasien tersebut, diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Surabaya.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengumumkan kabar tersebut melalui video conference di Gedung Smart Center Trenggalek, Minggu (26/04/20) petang.

Dalam rilisnya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menerangkan bahwa pasien positif Covid-19 di Trenggalek tersebut berusia 57 tahun dan berjenis kelamin laki-laki dan memiliki riwayat perjalanan ke kota terjangkit.

"Pasien 02 yang terkonfirmasi positif Covid-19 tinggal di Kecamatan Durenan. Menurut pengakuan pasien 02, sekitar tanggal 5 April yang bersangkutan berkunjung Surabaya. Kemudian pada tanggal 11 April merasa tidak enak badan dan memutuskan untuk pulang," tutur Arifin.

Masih menurut Bupati Trenggalek, saat pulang, pasien 02 sempat periksakan kondisi tubuh di rumah sakit swasta di Kabupaten Tulungagung. 

Namun, saat itu hanya disarankan untuk menjalani rawat jalan.

Karena tidak merasa baikan, tanggal 12 April pasien 02 memutuskan berobat ke salah satu rumah sakit milik pemerintah di Kabupaten Tulungagung dan kemudian menjalani perawatan dan melakukan swab test di rumah sakit tersebut.

"Saat ini kondisi pasien 02 dinyatakan sehat dan sejak tanggal 16 April telah keluar dari rumah sakit. Akan tetapi dikarenakan hasil swab belum keluar, pasien 02 menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung," papar pria yang akbar disapa Gus Ipin ini.

Setelah ada kepastian hasil swab dan Pasien 02 merupakan penduduk yang berdomisili Trenggalek, secepatnya Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan menjemput dari Rusunawa IAIN Tulungagung.

"Ada lima orang yang diketahui kontak erat dengan pasien 02 yakni ibu, istri, anak serta anak angkat, dan yang terakhir sopir yang mengantarkan pasien 02 ke fasilitas kesehatan di Tulungagung. Kelimanya telah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif," ucap pria berumur 30 tahun ini.

Menyikapi kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerapkan kawasan disiplin physical distancing di lokasi sekitar titik isolasi mandiri OTG. 

Isolasi di rumah sakit bagi pasien 02, dan isolasi mandiri di rumah untuk OTG (Orang Tanpa Gejala), 3 anggota keluarga dan 1 sopir.

Selanjutnya pemerintah menunjuk penghubung khusus guna memantau kesehatan dan kebutuhan sehari-hari OTG pasien 02 serta bantuan sosial bagi KK yang terdampak penetapan zona physical distancing serta melakukan disinfeksi berkala di sekitar kawasan physical distancing.

"Senin 27 April nanti, akan dilakukan swab test kedua bagi pasien 02 ini di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Sambil menunggu hasilnya pasien akan kami jemput dari karantina, agar makanan dan asupan gizi tercukupi dengan baik," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Malang Berita Malang berita malang hari ini Warga Trenggalek Positif Covid 19 Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin

Berita Lainnya