Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Diliburkan karena Corona, Belasan Pelajar Malah Nongkrong di Warnet dan Warkop

Penulis : Joko Pramono - Editor : Yunan Helmy

20 - Mar - 2020, 18:18

Belasan pelajar yanhg kedapatan nongkrong di warkop mendapat pengarahan dari petugas untuk pulang. (Joko Pramono for jatim Times)
Belasan pelajar yanhg kedapatan nongkrong di warkop mendapat pengarahan dari petugas untuk pulang. (Joko Pramono for jatim Times)

Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah selama 14 hari untuk memutus rantai penyebaran corona (covid-19).

Namun agaknya keputusan ini patut dipertanyakan. Pasalnya, meski diliburkan dan diminta tetap di rumah, nyatanya masih ada anak usia sekolah yang keluyuran dan bergerombol di warung kopi (warkop) dan warung internet (warnet).

Seperti yang ditemukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung bareng Satpol PP Tulungagung pada Jumat (20/3/20) pagi. Dari tiga lokasi di Kecamatan Boyolangu, Satpol PP dan Dinas Pendidikan menemukan pelajar usia SD hingga SMA sederajat nongkrong di warnet dan warkop sambil main game online.

Petugas yang mendapati mereka meminta agar pulang dan beraktivitas di rumah. “Kami tadi masih menemukan anak usia pelajar di warnet dan warkop," ucap Kasi Kelembagaan dan Peserta Didik SMP Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Tulungagung Heru Sugiarto.

Heru menjelaskan, pelajar yang kedapatan berada di fasilitas umum langsung dibina. Mereka diberi pemahaman tujuan mengapa proses belajar sekolah diliburkan. Yakni, untuk menekan penyebaran covid-19. 

Selain itu, pelajar akan didata kemudian diteruskan ke sekolah masing-masing. "Orang tua tentunya juga turut serta mengawasi anak untuk tidak keluar dari rumah. Imbauan itu sudah kami sampaikan ke sekolah. Sekolah meneruskan ke komite dan komite ke semua wali murid. Karena ini untuk kebaikan bersama," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan  Plt Kabid Penegak Perda dan Perbup Satpol PP Tulungagung Artista Nindya Putra. Dari sweeping yang dilakukan, pihaknya menemukan 19 anak usia SD hingga SMA sedang asyik main game online.

Pihaknya lalu meminta semua pelajar itu untuk pulang. Pemilik warnet dan warkop juga diminta  memasang papan imbauan untuk anak usia pelajar tidak diperbolehkan datang ke warnet atau warkop saat jam efektif sekolah meskipun pelajar sekarang sedang diliburkan.

"Selama 14 hari ini tolong dijaga. Dalam artian untuk di rumah saja. Itu sudah membantu negara dalam menekan penyebaran covid-19," tegasnya.

Dalam waktu dekat, Satpol PP Tulungagung dan tim Disdikpora bakal melakukan kegiatan serupa. Tentunya dengan titik yang berbeda.

 


Topik

Peristiwa tulungagung berita-tulungagung berita-hari-ini corona-di-indonesia covid19-di-indonesia update-corona-di-indonesia kebijakan-libur-karena-corona Belasan-Pelajar-Nongkrong-di-Warnet-dan-Warkop Dispendikpora-Tulungagung Satpol-PP-Tulungagung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Yunan Helmy