Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Kadinkes Tepis Adanya Suspect Corona di Jember

Penulis : Hirna Ramadhanianto - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Mar - 2020, 14:32

foto:istimewa
foto:istimewa

Wabah virus Corona atau Covid-19 telah sampai ke Indonesia. Sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo kemarin terdapat 2 orang Kota Depok yang teridentifikasi terpapar virus yang berasal dari Wuhan, China.

Kabar tersebut, sedikit banyak membuat kekhawatiran masyarakat. Di sisi lain, juga terdapat sebagian yang usil dengan menyebarkan informasi bohong atau hoaks terkait mewabahnya Corona di daerah masing-masing.

Contohnya seperti salah satu unggahan di sebuah grup facebook Info Warga Tanggul. Akun atas nama HuLif membagikan postingan milik Dwi Irmaya Sari yang berisi percakapan di WhatsApp dalam bentuk screenshot. 

Disebutkan, ada salah satu bidan di Jember yang menyatakan ada pasien terpapar Corona dirawat di rumah sakit di kawasan Kaliwates dan telah dirujuk ke RS Jember Klinik. 

Setelah media ini menelusuri, Nurul, bidan yang disebut-sebut dalam percakapan tersebut mengatakan tidak pernah membuat statement tentang adanya pasien yang terkena Corona.

"Tidak pernah membuat pernyataan itu. Kemarin saya hanya membahas obrolan WhatsApp dan sosmed yang belum tentu kebenarannya," tuturnya. 

Nurul menjelaskan, bahwa dirinya memang mengingatkan kepada petugas Praktek Mandiri Bidan (PMB) dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) agar mewaspadai semua penyakit termasuk Corona. 

"Kemarin saya cuma mengingatkan kepada petugas PMB dan PHBS saya, kalau misalkan ada (Corona), tentu Dinas Kesehatan akan mengumumkan," jelasnya. 

Ditelusuri lebih jauh, pihak RS Jember Klinik menampik adanya pasien Corona yang dibawa ke rumah sakit tersebut dan tidak merawat pasien suspect Corona. 

"Tidak ada pasien terpapar Corona di Rumah Sakit Jember Klinik. Kalau pun toh jika ada, sesuai arahan dari Kemenkes kami hanya melakukan screening saja dan pasien akan dirujuk ke RS Soebandi," kata Sri Wahyuni S. Kep, Ners bagian Humas RS Jember Klinik.

Di tempat terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Jember, Diah Kusworini saat dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini di Jember tidak ada pasien yang terpapar virus Corona. 

Untuk diketahui, tidak berapa lama di-posting, unggahan terkait adanya suspect Corona di Jember telah dihapus oleh akun yang bersangkutan.


Topik

Kesehatan jember berita-jember Wabah-virus-Corona Virus-Corona Virus-Corona-di-Jember Suspect-Corona-di-Jember Presiden-Joko-Widodo Rumah-Sakit-Jember-Klinik RS-Soebandi Sri-Wahyuni-S-Kep-Ners-bagian-Humas-RS-Jember-Klinik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hirna Ramadhanianto

Editor

Nurlayla Ratri