Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Aplikasi Penjualan Sayur Buah Petani Fresh Buatan Dosen Teknik UB, Diklaim Terbaik se Dunia

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Mar - 2020, 11:18

Aplikasi Fresh Food. (Foto istimewa)
Aplikasi Fresh Food. (Foto istimewa)

Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Dr Eng Fadly Usman ST MT membuat aplikasi bernama Fresh Food. Aplikasi ini membantu petani untuk bisa menjual produk pertaniannya langsung ke konsumen.

Aplikasi tersebut terpilih menjadi satu dari 100 startup terbaik dunia yang diikuti 170.000 peserta dari 166 negara. Masuk menjadi 1% top applicant, Dr Eng Fadly berhak mengikuti Startup Istanbul Full Program pada tanggal 14-16 April 2020 mendatang.

"Bentuk aplikasi ini seperti e-marketplace, tetapi tetap dalam kontrol, tidak sebebas yang ada di pasaran seperti saat ini," terangnya.

Aplikasi Fresh Food memberdayakan petani lokal. Saat ini, aplikasi Fresh Food bekerja sama dengan belasan Kelompok Tani di Batu.

Ada empat fitur yang disiapkan dalam aplikasi. Pertama, Fresh Food yaitu membeli hasil pertanian berupa buah/sayur langsung ke petani dengan harga terbaik. Kedua, Smart Farming, membantu petani untuk membuat pertanian pintar mereka.

Ketiga, E-learning, penyampaian informasi terkait bagaimana cara menanam yang baik, bahkan tren pertanian dunia disampaikan dalam e-learning pertanian.

Dan keempat, E-shopping, petani dan pemakai aplikasi dapat membeli peralatan pertanian melalui aplikasi seperti membeli bibit, mini traktor, tanki air, sensor, kamera cctv, dan sebagainya.

"Untuk smart farming, kami akan fasilitasi pertanian mereka dengan sensor, CCTV, dan banyak lagi peralatan seperti tanki air untuk penyiraman, dan sebagainya. Petani bisa melihat dan mengontrol lahan pertanian mereka dalam satu interface," bebernya.

Fadly berharap, aplikasi ini dapat diterapkan oleh khalayak ramai. Maret ini timnya akan menanam bawang putih seluas 20 hektar dan dua hektarnya akan disematkan teknologi smart farming.

"Untuk keperluan smart farming, saya dibantu Pak Eka (Eka Maulana ST MT MEng, Dosen Teknik Elektro) dan Pak Hagus (Dr Agr Sc Hagus Tarno SP MP, Dosen Fakultas Pertanian)," tandasnya. 


Topik

Pendidikan malang berita-malang malang-hari-ini Aplikasi-Fresh-Food Dosen-UB-Dr-Eng-Fadly-Usman-ST-MT Universitas-Brawijaya-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Nurlayla Ratri