10/12/2022 Besok, AKD Akan Wadul Ke Dewan Terkait Status Sekdes PNS Di Tulungagung | Tulungagung TIMES

Besok, AKD Akan Wadul Ke Dewan Terkait Status Sekdes PNS Di Tulungagung

Feb 06, 2020 18:40
Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

Pewarta: Anang Basso | Editor: Heryanto

Asosiasi Kepala Desa (AKD) akan mendatangi Kantor DPRD Tulungagung, Jumat (07/02) besok.

Kedatangan para kepala desa ke legislatif itu menurut ketuanya Muhammad Sholeh untuk hearing atau rapat dengar pendapat mengenai sekretaris desa yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih ditugaskan di desa.

"Iya, besok para kepala desa akan hearing ke dewan, surat sudah dikirim dan diterima jam 8.30 wib pagi," kata Sholeh, Jumat (06/02) siang. 

Dirinya membenarkan jika akan meminta pendapat ke legislatif terkait status ASN yang menurut Undang-Undang harus sudah di tarik oleh pemerintah Kabupaten, namun hingga kini banyak yang masih ditugaskan sebagai Sekdes dan dipertahankan di desa.

"Kita memang akan menyampaikan ke Dewan tentang sekdes yang statusnya PNS," jelasnya.

Kepala desa Bendilwungu itu membantah jika kedatangannya terkait yang terjadi di desanya, dirinya menegaskan jika para kepala desa akan datang membahas Sekdes PNS yang masih banyak di desa-desa di Kabupaten Tulungagung.

"Bukan (Bendilwungu) tapi secara makro (semua desa) yang masih ada sekdes yang berstatus PNS itu," tambah Sholeh.

AKD berpedoman dengan UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 42 tahun 2014, yang seharusnya sekretaris desa dengan status PNS ditarik dan ditempatkan di OPD sesuai dengan kebijakan bupati melalui Badan Kepegawaian Daerah.

Rencana hearing ke DPRD Tulungagung ini di akui oleh Gunawan ketua komisi A. Politisi partai gerindra itu mengaku telah menerima surat permohonan yang disampaikan oleh AKD dan sudah terkonfirmasi hari, tanggal dan waktunya.

"Seluruh anggota komisi besuk siap sekitar jam 9.00 wib menerima kedatangan AKD, semoga besuk ketua DPRD juga bisa ikut," kata Gunawan.

Dirinya mengetahui jika kepala desa akan menyampaikan masalah sekretaris desa berstatus ASN, namun untuk detailnya Gunawan mengaku akan menunggu besok saat sudah duduk bersama.

"Kan masih besok disampaikan, jadi materinya apa lebih jelasnya besok," ujarnya.

Dirinya juga memastikan agenda hearing tidak mengganggu anggota komisi A yang masih dalam masa reses. Menurutnya, kegiatan reses dan hearing dapat diatur karena meski ada yang masih belum selesai, banyak diantara anggota DPRD yang sudah selesai kegiatan di masa reses ini. 

Judul berita Besok, AKD Akan Wadul Ke Dewan Terkait Status Sekdes PNS Di Tulungagung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Tulungagung berita tulungagung

Berita Lainnya