Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Diperas Oknum Wartawan atau LSM, Dewan Pendidikan Kabupaten Tulungagung Minta Kepala Sekolah Lapor Polisi

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

22 - Nov - 2019, 21:14

Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Tulungagung Heru Santoso / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Tulungagung Heru Santoso / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Dewan Pendidikan Kabupaten Tulungagung beberapa kali sudah mengingatkan agar pihak sekolah melaporkan ke polisi jika terjadi keresahan berupa pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan atau LSM. Hal itu disampaikan oleh salah satu Anggota dewan Pendidikan Tulungagung yang juga Politisi PDIP, Heru Santoso.

"Tiap rapat dari tahun ke tahun baik yang dilakukan pihak sekolah, komite dan dinas kuhan itu selalu muncul dan kita sudah minta agar mereka lapor pihak berwajib untuk ditindaklanjuti," terang Heru, Jumat (22/11) siang.

Kejadian serupa menurutnya sudah menjadi semacam musiman yang berulang di setiap tahun, namun pihak sekolah yang merupakan korban masih tidak berani transparan menghadapi masalah dugaan pemerasan itu.

"Jadi semua tergantung pada sekolah, kita sudah memberi semangat dan support, semoga ada yang lapor dan di tahun-tahun yang akan datang kejadian ini tidak terulang," lanjutnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olah Kabupaten Tulungagung Haryo Dewanto meminta agar sekolah tidak menuruti permintaan uang tersebut. Jika oknum wartawan tersebut tetap memaksa, maka mereka dinta datang ke Dinas Pendidikan untuk menemui kepala dinas.

“Ndak usah dituruti, kalau mau minta apa ke dinas saja menemui Kepala Dinas,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung, Hariyo Dewanto pada awak media, Jum’at (15/11/19).

Disinggung adanya pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan pada sejumlah kepala sekolah SD, Hariyo Dewanto membenarkan hal itu. Pemerasan itu diketahuinya saat mengumpulkan Kepala Sekolah SD yang mendapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dari penuturan mereka, diketahui memang mereka mendapatkan intimidasi dari sejumlah oknum yang mengaku wartawan.

“Jadi kemarin itu kepala sekolah ditanyai, digetaki (dibentak-bentak) kan takut mereka, enggak boleh seperti itu,” ujar pria yang akrab disapa Yoyok itu.

Yoyok mengimbau pada sejumlah kepala sekolah untuk melapor ke aparat kepolisian jika mendapat perlakukan intimidasi dari oknum tersebut.

Dirinya sempat mengumpulkan kepala sekolah di wilayah UPT Besuki yang menjadi sasaran pemerasan oknum tersebut. Dari keterangan sejumlah kepala sekolah, membenarkan telah terjadi pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan.
“Saya kumpulkan di UPT, saya tanya memang benar,” tegas Yoyok.

Dirinya berpesan pada kepala sekolah untuk menerima dengan baik kedatangan wartawan di sekolahnya, dan menunjukan hasil pembangunan yang dilakukan. Kepala sekolah diminta untuk perlu takut, asalkan penggunaan dan pengerjaan DAK dikerjakan dengan benar.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya