Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dilantik, Bupati Beri Waktu 42 Pejabat Untuk Tunjukkan Kinerjanya

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

06 - Nov - 2019, 20:53

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Sebanyak 42 pejabat tinggi pratama di jajaran Pemkab Tulungagung, Rabu (06/11) pagi dilantik oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. Yang menarik, ada tujuh posisi pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) diisi oleh pejabat yang telah mengikuti tahapan di panitia seleksi, namun bukan berdasarkan ranking teratas.

Sebut saja, nama Galih Nusantoro camat Sumbergempol dan Suyanto Camat Ngantru yang meskipun di pos seleksi yang diikuti mendapat ranking teratas namun ternyata nama keduanya tidak ikut dilantik dalam posisi sebagai pimpinan OPD dan hanya menduduki eselon yang sama yakni eselon III. Bedanya, mereka dimutasi dari jabatan sebelumnya ke pos lain. 

Galih yang diprediksi bakal menduduki jabatan Staf ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan atau sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, ternyata hanya menduduki kepala bagian humas dan protokoler yang dalam seleksi tidak masuk dalam kuota.

Demikian juga dengan Suyanto Camat Ngantru yang juga mendapat ranking tertinggi dalam pos seleksi sebagai Inspektur justru namanya tidak ikut dalam pelantikan yang dilaksanakan tersebut. 

Terkait masalah itu, bupati Tulungagung, Maryoto Birowo kembali menegaskan jika peringkat dari Pansel sebagai syarat wajib, namun hanya menjadi pertimbangan dalam menentukan.

“Nomot urut dari pansel bukan ukurannya, tapi sebagai  pertimbangan saja. Pertimbangan yang lain ada seperti kompetensi, disiplin dan keaktifan dan kinerja,” ujar Maryoto.

Selain itu bupati juga melihat masa kerja Pejabatnya dan melihat senioritas

“Masa kerja juga pertimbangan, seniornya masih banyak,” tambahnya.

Meski sudah ditetapkan dan lantik, Maryoto tak segan mengevaluasi kinerja pejabatnya. Dirinya mengingatkan agar para pejabat yang baru dilantik untuk meningkatkan kinerja, dan berinovasi sebagai pimpinan OPD, serta berintegritas.

"Kita beri waktu tiga bulan atau istilahnya seratus hari kerja," tegasnya.

Pejabat yang dilantik diantaranya eselon II sebanyak sembilan orang, eselon III 27 orang dan eselon IV sebanyak tiga orang.
 

 


Topik

Pemerintahan tulungagung berita-tulungagung Bupati-Tulungagung-Maryoto-Birowo organisasi-perangkat-daerah Pemkab-Tulungagung pelantikan-di-tulungagung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya