Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Di Tengah Acara Labuh Laut, Warga Sine Geger Berhamburan Termakan Isu Tsunami, ini Videonya..

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Jul - 2019, 10:05

Ratusan warga menggunakan sepeda motor menuju tempat yang lebih tinggi (foto : Istimewa / TulungagungTIMES)
Ratusan warga menggunakan sepeda motor menuju tempat yang lebih tinggi (foto : Istimewa / TulungagungTIMES)

Tiba-tiba di acara Labuh Laut, warga di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir berlarian membubarkan diri, Jumat (19/7) malam. Saat itu tengah ditampilkan kesenian jaranan, yang menjadi bagian dari kegiatan rutinan tiap setahun sekali ini.

"Saat pertunjukan berlangsung, terjadi kekacauan karena tersebar isu akan ada tsunami yang melanda pantai ini," kata Andri (22) warga Kalibatur yang berada di lokasi, Sabtu (20/07) pagi.

Kontan saja, ratusan orang yang tengah menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional itu semburat menyelamatkan diri dengan mengendarai sepeda motor dan kendaraan lain untuk mencari tempat lebih tinggi.

"Di tempat acara, ratusan kursi bergelimpangan karena diterjang warga yang berusaha lari ke pegunungan, semua takut dan panik," jelasnya.

Dalam waktu singkat, lokasi Labuh Laut menjadi porak poranda dan semua penonton serta panitia seperti sedang berlomba menyalakan motor dan berusaha meninggalkan lokasi lebih dulu.

"Meski berlari menggunakan kendaraan, akhirnya juga menuju jalan utama yang hanya satu arah, di sana macet total," terangnya.

Andri menggambarkan situasi sangat menegangkan, bahkan beberapa ibu ada yang terpisah dari anaknya saat menyelamatkan diri.

Masyarakat di pantai beberapa hari ini sangat sensitif, karena sebelumnya memang ada pesan berantai lewat Whatsapp dan media sosial lain tentang adanya megathrust di pesisir selatan Jawa.

“Pesan ini sudah menimbulkan ketakutan di antara warga,” ucap Andri.

Dalam pesan dan postingan yang diterima warga, akan terjadi gempa dahsyat yang menimbulkan gelombang setinggi 90 meter. Konon, tsunami itu juga akan menerjang 22 pantai yang ada di Tulungagung. Dalam pesan tersebut juga menjelaskan jika tsunami akan terjadi antara Jumat (19/7) kemarin hingga pertengahan Agustus mendatang.

"Jadi saat acara pertunjukan ini tengah berlangsung, ada warga yang melihat air laut tengah surut dan panik kemudian terdengar oleh warga lainnya yang berkumpul di tempat acara," ungkap Andri.

Setelah merasa aman di tempat yang lebih tinggi, pelan-pelan suasana kembali tenang, hingga akhirnya warga memutuskan kembali ke rumah masing-masing jelang pagi.
"Ada yang menunggu hingga siang untuk kembali kerumah," pungkas nya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni