Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Sah..!! Supriyono Lengser dari Ketua DPC PDIP Tulungagung, Ini Dia Penggantinya..

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

07 - Jul - 2019, 21:27

Konfercab Serentak Yang Digelar di Malang, Salah Satu Peserta Adalah DPC PDIP Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Konfercab Serentak Yang Digelar di Malang, Salah Satu Peserta Adalah DPC PDIP Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNG TIMES - Pergeseran pengurus tingkat cabang atau Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC-PDIP) terjadi pada Konferensi Cabang (Konfercab) serentak yang di adakan oleh DPD PDIP Jawa Timur Hari Minggu (07/07) yang di ikuti oleh 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. 

Konfercab yang terbagi dalam Tiga Zona sekaligus yaitu Surabaya, Malang dan Madiun, bertempat di Hotel Savana dan Tulungagung sebagai salah satu Kabupaten yang mengikuti agenda tersebut menerima tugas besar dari DPP PDIP berupa rekomendasi pengurus harian yang baru. "Diserahkan sekitar jam 16.00 wib tadi oleh DPP, rekomendasi yang merupakan tugas agar ditindaklajuti dalam Konfercab," kata Sodik Purnomo yang namanya ditunjuk sebagai Sekretaris Cabang.

Dalam rekomendasi itu, tiga nama pengurus cabang baru yang diberikan DPP dan ditanda tangani langsung oleh ketua umum Megawati Soekarno Putri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiayanto yakni, Hj Susilowati sebagai ketua cabang, Sodik Purnomo sebagai sekretaris dan Sumarsono sebagai Bendahara partai.

"Ketiga nama yang direkomendasi saat ini menggodok nama-nama yang akan masuk di kepengurusan DPC dengan dipandu oleh DPD PDIP Jawa Timur," terangnya.

Apakah pergantian pucuk pimpinan DPC PDIP dari Supriyono ke Susilowati terkait adanya kasus yang melibatkan ketua DPC sekaligus ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Sodik dengan tegas membantah hal itu. "Sama sekali tidak terkait, ini adalah forum konfercab dimana diperlukan penyegaran organisasi. Pak Ketua tadi juga hadir dan seluruh pengurus PAC juga, bahkan dalam pembentukan struktur partai yang baru semua pihak internal kita libatkan," paparnya.

Setelah kepengurusan berhasil dibentuk, Konfercab akan menetapkan nama pengurus tersebut dan disahkan oleh DPP PDIP Perjuangan. "Jadi mulai dari usulan nama dan terbitnya rekomendasi ini murni dari kewenangan DPP, semua kader partai akan tunduk pada keputusan," terang Sodik.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan PDI Perjuangan nomor 28 tahun 2019, kewenangan diambil di masing-masing tingkat. Kepengurusan level PAC (kecamatan), DPC (kabupaten/kota), DPD (provinsi) serta DPP PDI Perjuangan diberikan kewenangan untuk mengusulkan calon-calon Ketua PDI Perjuangan kabupaten/kota dan tingkat provinsi.

Tetapi kewenangan pengambilan keputusan sepenuhnya menjadi otoritas DPP PDI Perjuangan. Karena itu, forum Konfercab serentak kali ini langsung membacakan keputusan DPP PDI Perjuangan tentang nama-nama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB) DPC PDI Perjuangan seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dan sekaligus menyusun kepengurusan baru melengkapi KSB tersebut.

Konfercab serentak kali ini juga merupakan tahapan proses menuju Kongres PDI Perjuangan yang akan digelar 8-10 Agustus 2019 mendatang. Seperti diketahui, Kongres akan menetapkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.


Topik

Politik tulungagung berita-tulungagung Ketua-DPC-PDIP-Tulungagung PDIP-Tulungagung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya