Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Buka Pameran, Bupati Tulungagung Harapkan UMKM Rajai Pasar

Penulis : Joko Pramono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - Aug - 2017, 19:22

Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo cicipi kopi Javanica asli Tulungagung (foto: Joko Pramono)
Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo cicipi kopi Javanica asli Tulungagung (foto: Joko Pramono)

Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo buka pameran UMKM yang digelar di halaman parkir sebuah hotel di Kabupaten Tulungagung pagi tadi, Jumat (25/08/17).

Pameran dimeriahkan oleh pengusaha-pengusaha lokal yang ikut dalam pameran stand sebanyak kurang lebih 40 stand UMKM. 40 UMKM tersebut bergerak pada bidang yang berbeda-beda, diantaranya teknik, agrobisnis, fashion, garmen, jasa, dan kuliner.

Dalam acara itu juga dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi X asal PDI-P, Eva Kusuma Sundari atau lebih dikenal dengan Mbak Eva.
Bupati Syahri Mulyo mengapresiasi pameran produk – produk UMKM yang diproduksi di Kabupaten Tulungagung. Syahri juga mengungkapkan pameran yang digagas oleh Bank Indonesia sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Saya apresiasi kegiatan ini, apalagi tadi ada pembinaan dari BI terhadap kopi Javanica yang asli Tulungagung, awalnya cuma ada 10 pohon milik warga Sendang, kini sudah dibudidayakan," ujar Bupati.

Masih menurut bupati, kegiatan semacam ini perlu sering dilakukan mengingat UMKM Tulungagung sendiri merupakan mayoritas dan harus merajai di Kabupaten Tulungagung. Dirinya juga mengatakan pemerintah harus mendampingi UMKM untuk maju dalam persaingan global.

"UMKM di Tulungagung harus bisa memenuhi keinginan nasional maupun internasional, seperti halnya kerajinan fosil yang sudah eksport," tutur pria asal Ngantru itu.

Sementara itu Mbak Eva menginginkan UMKM menjadi UMKM yang responsif. Dirinya menginginkan usaha integratif yang bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Jenis-jenis usaha kreatif menjadi tulang punggung perekonomian dan paling tahan terhadap terpaan krisis ekonomi global.
"Usaha kreatif yang bisa memanfaatkan teknologi, kedepannya akan menjadi tulang punggung perekonomian," kata politisi asal PDI-P itu.


Topik

Peristiwa Bupati-Tulungagung pameran-umkm


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni