Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Sibuk Mengabdi pada Masyarakat, Bendahara Desa di Tulungagung Ini Sampai Lupa Menikah

Penulis : Sutrimo - Editor : Heryanto

27 - Jul - 2017, 18:38

Akhwan (32), bendahara Desa Kepuh, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. (Foto: Sutrimo/Tulungagung TIMES)
Akhwan (32), bendahara Desa Kepuh, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. (Foto: Sutrimo/Tulungagung TIMES)

klik-klik!! Suara mouse komputer terdengar bersahutan, berkejaran dari bilik ruang kerja bendahara Desa Kepuh, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Ya, pria kelahiran 32 tahun lalu ini bernama Ahkwan.

Di sela-sela kesibukannya di depan ke komputer, kru Tulungagung TIMES sengaja mendatangi pria yang akrab dipanggil AG-1 ini untuk tahu lebih banyak tentang pribadi sosok pengabdi masyarakat ini sampai belum sempat menikah.

Ahkwan mengaku, dia mulai mengabdi menjadi bendahara desa sudah sejak tahun 2010. Kendati tugas menjadi bendahara tidak ringan, namun karena diberi kepercayaan, tugas ini pun dia lakukan dengan penuh tanggung jawab. Intinya mengabdi.  Amal kepada masyarakat.

“Tugas utama bendahara desa itu banyak, seperti cek Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), ADD (Anggaran Dana Desa), DD (Dana Desa), dan lainnya” terang Akhwan sembari menunjuk ke arah komputer yang masih tetap menyala.

Selain itu, lanjut pria yang punya hobi trail ini, sesekali kadang mewakili rapat kepala desa atau melakukan studi banding ke luar desa. Jam kerjanya pun tidak tentu, meskipun secara teori jam kerja ditetapkan.

“Perangkat desa desa itu secara teori masuk dari jam 07.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Namun dalam praktiknya, selaku perngkat desaitu tugasnya nyaris 24 jam, mulai dari pendataan terkait pencurian, kematian, kelahiran.  Dalam arti, menampung keluhan-kesah dari warga, baik dari sisi kesehatan, sosial, dan sebgaianya” imbuhnya.

Akhwan berharap, ke depan Desa Kepuh bisa menjadi lebih baik. Baik dari segi ekonomi, kesehatan, pembangunan, dan bidang-bidang lain. “Harapannya, semoga Desa Kepuh bisa menjadi lebih baik dalam berbagai bidang” ungkap pria yang punya usaha sambilan perikanan ini.

Sedangkan saat ditanya harapan kepada pemerintah, Ahkwan berharap semoga para bendahara desa itu bisa memperoleh bimbingan terkait dengan IT, karena rata-rata bendahara desa hanya lulusan SMA. Selain itu juga prosedur pelaporan dipermudah.

“Jadi hari ini teman-teman perangkat desa itu disibukkan denga berbagai macam laporan. Sedangkan tugas perangkat desa itu kan banyak.  Mohon dipermudah.  Karena untuk laporan jika sulit jadi tidak sempat mikirkan yang lain” pungkasnya.


Topik

Profil Bendahara-Desa-Tulungagung Ahkwan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Sutrimo

Editor

Heryanto