Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Kisah Inspiratif

Mbah Girin, Kakek Renta yang Pantang Mengemis

Penulis : Wahida Rahmania - Editor : Redaksi

19 - May - 2016, 12:55

Mbah Girin, kakek renta pantang mengemis saat berada di rumahnya yang sederhana di kawasan Dieng Atas Kota Malang (foto: istimewa)
Mbah Girin, kakek renta pantang mengemis saat berada di rumahnya yang sederhana di kawasan Dieng Atas Kota Malang (foto: istimewa)

Namanya Mbah Girin. Ia biasa berjualan sayur dan buah di kawasan Dieng Kota Malang. Di usia senja, Mbah Girin harus berjalan berkilo-kilometer dari rumahnya. Barang dagangan seberat 50 kilogram ia pikul dengan tertatih-tatih. 

Mbah Girin pernah terkena bongkahan kelapa besar sehingga membuatnya jatuh tersungkur hingga kepala beliau terkena gagar otak. Kejadian itu pula mengakibatkan kerusakan permanen pada mata Mbah Girin.

Satu bulan terakhir, kakek renta itu sakit sakitan. Kakinya bengkak sehingga susah untuk berjalan, dan kepala sering pusing.

Sementara itu, anak-anak kurang perhatian. Mbah Girin punya 7 anak, 3 perempuan dan 4 laki laki. Semua hidup berpencar tapi dalam lingkup satu desa. 

Anak kelima Mbah Girin tinggal di belakang rumah, bahkan sama sekali tidak pernah menghiraukan Mbah Girin.

"Biarkan anak saya menghidupi kelurga mereka sendiri sendiri, saya bisa mencari uang untuk saya sendiri tanpa meminta untuk mereka kasihani," ujarnya pada MalangTIMES, Kamis (19/05/2016).

Semangat itulah yang membuat Mbah Girin pantang mengemis. Walau hanya mendapatkan untung 20 ribu rupiah saja. Lima ribu rupiahnya untuk naik angkot dan sisanya untuk di bawa pulang.

Jika di tengah perjalanan bertemu salah satu anaknya maka sisa uang yang didapat akan diberikan ke anaknya. Mbah Girin rela tidak makan enak.

Makanan terenak yang pernah ia cicipi adalah tempe seharga 1000 rupiah. Lauk tempe itulah yang biasa  untuk makan dua hari Mbah Girin dan istri. (*)


Topik

Peristiwa Kisah-Inspiratif


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania

Editor

Redaksi