Pantai Tambak Rejo di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar (Foto: lickandi.blogspot)
Pantai Tambak Rejo di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar (Foto: lickandi.blogspot)

Pantai Tambakrejo adalah salah saru pantai paling populer yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Blitar.

Untuk menuju lokasi pantai ini, tidaklah sulit, terletak di arah selatan kota Blitar dan hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota.

Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk dapat tiba di kawasan wisata Pantai Tambakrejo ini.

 Secara administratif, lokasinya berada di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Pantai di Jawa Timur yang satu ini dinamakan sebagai Tambakrejo sesuai dengan nama desa.

Pantai ini memiliki panorama yang indah. Selain itu, air lautnya terbilang bersih dengan warna kebiruan serta hamparan pasir putih yang memanjang hingga 2 km. Maka tak heran jika pantai ini menjadi obyek foto favorit para fotografer.

Berada di sebelah selatan Jawa, memembuat pantai ini dianugerahi ombak yang cukup besar. Sehingga pengunjung harus berhati-hati jika bermain di laut dan pantai karena sering kali didapati ada korban yang terserat arus.

Ada baiknya, Anda tidak bermain air ke tengah laut atau bermain saat ombak sedang ganas karena ombak pantai ini kerap datang tiba-tiba. Bahkan menurut warga setempat sering muncul pusaran air.

Jika khawatir bermain di pantai, ada juga hiburan lainnya yang menarik. Di pintu masuk pantai ke arah timur terdapat kampung nelayan dengan perahu-perahu nelayan yang ditambatkan disampingnya dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk hasil nelayan yang baru melaut.

Bila datang di pagi hari maka pengunjung akan menjumpai ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dirumah.

Setiap tahun di bulan Oktober, pantai ini lebih ramai dari biasanya karena selalu diadakan ritual Larung Sesaji. Para wisatawan lokal maupun internasional akan berdatangan untuk menyaksikan ritual tradisional ini.(*)